Laman

Trik Sehat

Blog yang berisi berbagai trik kesehatan bermanfaat buat banyak orang

24 Cara mengobati gusi bengkak secara alami dan sampai tuntas

Bagaimana cara mengobati gusi bengkak yang ampuh? Pastinya semua orang akan merasa tersiksa bila mengalami keluhan sakit gigi terlebih ditambah gusi bengkak. Dan bukan hanya sakit, tak jarang, jika kondisinya parah menyebabkan pipi menjadi bengkak. Jika sudah begitu tentunya sangat menyiksa bukan. Lantas bagaimana cara mengatasi gusi bengkak tersebut agar segera sembuh? Nah berikut jawabannya.


obat sakit gusi bengkak


24 Cara mengobati gusi bengkak dengan bahan alami yang ampuh



1. Berkumurlah air hangat
Berkumur dengan air garam sebenarnya termasuk cara mengobati gusi bengkak yang sudah kuno. Namun meski demikian, sampai sekarang cara ini masih efektif untuk meredakan gusi bengkak. Air garam memiliki sifat antibakterial yang dapat membunuh bakteri penyebab gusi bengkak. Bahkan ia juga diperkaya dengan kandungan anti-inflamasi yang dapat menenangkan radang gusi.

Sediakan air hangat sebanyak 1 gelas
Tambahkan satu sendok teh garam dapur
Aduk-aduk hingga semua garam terlarut sempurna
Gunakan air tadi untuk berkumur selama kurang lebih satu menit dengan fokus utama pada gusi bengkak. Ulangi lagi sebanyak 4-5 kali sehari.

2. Manfaatkan minyak cengkeh
Cara mengobati sakit gusi bengkak yang kedua adalah menggunakan minyak cengkeh. Minyak cengkeh memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apabila anda akan menggunakan minyak ini untuk mengobati gusi bengkak secara cepat maka anda harus menggunakan minyak cengkeh yang asli. Anda cukup mengoleskan minyak tersebut pada gusi yang sakit. Lakukan dengan rutin minimal 2 kali dalam sehari. Dalam waktu yang cepat gusi yang bengkak akan kembali normal.

3. Jeruk nipis
Cara mengobati sakit gusi bengkak yang ketiga adalah menggunakan jeruk nipis. Anda cukup menggunakan jeruk nipis yang sudah matang dan setelah itu peras jeruk nipis tersebut. Tambahkan satu gelas air hangat dan aduk hingga merata. Gunakan ramuan tersebut untuk berkumur. Akan lebih baik jika anda menggunakan ramuan ini pada malam hari sebelum tidur dan juga pada saat anda bangun pagi.

4. Madu
Cara mengobati sakit gusi bengkak yang keempat adalah menggunakan madu. Madu adalah bahan makanan yang memiliki banyak manfaat. Dalam madu terdapat zat yang bisa membuat pembengkakan menjadi reda. Apabila anda akan menggunakan madu untuk mengatasi gusi bengkak anda cukup mengoleskan madu tersebut pada bagian gusi yang sakit. Oleskan minimal 3 kali dalam sehari dan setelah itu anda akan merasakan gusi yang bengkak akan sembuh. Anda harus memastikan madu yang digunakan adalah madu alami.

5. Gunakan bawang merah
Cara yang terakhir adalah menggunakan bawang merah. Bawang merah juga memiliki zat yang bisa meredakan pembengkakan. Anda cukup melembutkan bawang merah dan oleskan pada gusi yang sakit. Cara yang satu ini sangat ampuh. Tetapi banyak orang yang enggan untuk menggunakan cara ini karena tidak tahan dengan rasa dan bau dari bawang merah. Anda juga bisa mencampurkan bawang merah tersebut dengan garam.

6. Lemon plus air hangat
Lemon dan air hangat adalah cara yang cukup ampuh, anda hanya perlu menggunakan ¼ lemon, lalu peras airnya lalu campurkan dangan ½ gelas air hangat. Kemudian kumur-kumur, lakukan cara ini 2 kali sehari maka gusi anda akan cepat sembuh dari pembengkakan.

7. Air putih
Perbanyaklah untuk minum air putih untuk mengurangi bakteri pada mulut dan juga anda bisa menggantikan fungsi air liur yang berkurang dengan mengonsumsi air putih dengan banyak.

9. Hindari stress
Kesehatan gigi dan gusi merupakan hal yang juga dipengaruhi oleh adanya stress. Maka dari itu kurangilah stess dan carilah waktu untuk refreshing dan menyegarkan pikiran anda. Dengan menghindari stress kesehata mulut akan menjadi lebih baik.

9. Gusi dipijat
Anda bisa melakukanpijatan gusi pada gusi anda dengan menggunakna jari telunjuk dan memijat gusi yang bengkak dengan gerakan melingkar dan juga berulang-ulang. Namun pastikan untuk menggunakan tangan yang bersih agar tidak memicu bakteri lain pada mulut anda.

10. Makanan yang baik buat gusi
Hindarilah makana yang kurang baik bagi gusi dengan menggantikannya dengan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin c. Jadi tambahkanlah menu pada diet anda dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin yang baik bagi tubuh.

11. Mengobati gusi bengkak memakai baking soda
Obat kumur bisa anda buat sendiri dengan mencampurkan air dan juga hidrogen peroksida atau baking soda. Anda bisa terbantu dengan obat kumur tersebut bisa mengurangi rasa sakit di gusi. Anda bisa berkumur beberapa dalam kali sehari untuk mencegah produksi dan penyebaran bakteri di mulut.

12. Kebersihan gigi dan mulut
Gangguan ringan, seperti gusi bengkak, umumnya dapat ditangani dengan memberikan perhatian lebih pada kebersihan mulut. Menjaga kebersihan gigi dan mulut dapat kamu lakukan dengan cara:
Gosok gigi minimal 2 kali sehari yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur. Ketika mengalami gusi bengkak usahakan memakai sikat gigi yang lembut. Selain itu, pastikan jangan menggosok gigi terlalu kasar, lebih baik gosok gigi secara perlahan dengan gerakan melingkar.
Flossing atau membersihkan gigi dengan memakai benang khusus gigi.
Berkumur-kumurlah setelah makan untuk membuang sisa makanan yang mungkin tidak terjangkau oleh sikat gigi. Bila perlu, gunakan obat kumur yang sudah terkenal akan kualitasnya.

13. Hindari makanan manis
Seperti yang kita tahu makanan manis semisal permen dan lain sebagainya merupakan pemicu gigi berlubang. Jadi wajib hindari itu.

14. Konsumsi makanan yang kaya vitamin c dan d
Mulai sekarang perbanyaklah mengonsumsi makanan yang tinggi vitamin c seperti lemon, jeruk, anggur, kiwi, mangga, pepaya, dan stroberi. Vitamin c merupakan antioksidan yang dapat mempromosikan pertumbuhan jaringan ikat dan regenerasi tulang, sekaligus dapat menjaga kesehatan gusi.

Selain itu, perbanyak pula asupan vitamin d. Jenis vitamin ini memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga dapat digunakan untuk mengobati gusi bengkak dan mencegah kekambuhannya. Dapatkan vitamin d dengan cara berjemur di pagi hari minimal 30 menit dua kali seminggu, serta jangan lupa konsumsi makanan sumber vitamin d terbaik.

15. Kurangi stres
Para ahli sepakat stres menjadi salah satu penyebab gusi bengkak yang terjadi secara tidak langsung. Stres memicu menurunnya kekebalan tubuh kita, sehingga membuat sistem imun tidak mampu melawan bakteri penyebab gusi bengkak.

Untuk mengurangi stres sebenarnya ada banyak jalan. Misalnya kamu bisa meluangkan waktu untuk berlibur bersama keluarga seminggu sekali, menjalani hobi, atau melalukan olahraga penenang pikiran seperti yoga dan meditasi.

16. Pilih salah satu ramuan alami berikut
Kadang mengatasi gusi bengkak dengan beberapa kebiasaan sehat diatas saja tidak cukup. Kamu perlu ramuan khusus untuk mengobati gusi bengkak dengan cepat. Apa sajakah itu?
Kantung teh
Menurut penelitian, asam tannic yang terdapat dalam kantung teh memiliki potensi besar untuk meringankan infeksi gusi dan iritasi yang menyebabkan gusi bengkak secara alami.

Cara menggunakannya cukup mudah. Pertama, celupkan kantong teh kedalam air panas, angkat lalu biarkan sampai dingin. Setelah itu, tempelkan kantung teh tadi ke bagian gusi bengkak selama 5 menit. Lakukan berulang sampai agak mendingan.
Madu alami
Madu memiliki sifat antiseptik dan antibakterial yang dapat digunakan untuk mengatasi gusi bengkak akibat gingivitis. Oleskan madu secukupnya  ke bagian gusi bengkak setelah kamu menyikat gigi. Namun, jangan terlalu banyak mengoleskan madu ya, karena rasa manisnya dapat menyebabkan ngilu.

17. Baking soda
Beberapa penelitian membuktikan baking soda dapat menetralisir asam yang ada dalam mulut. Atas dasar inilah baking soda ampuh untuk mengobati gusi bengkak, penyakit gusi, dan kerusakan gigi.

Menyembuhkan gusi bengkak dengan baking soda terbilang mudah. Pertama larutkan baking soda secukupnya kedalam air hangat hingga membentuk pasta. Kemudian oleskan ke bagian gusi bengkak dan diamkan meresap.

18. Bawang merah
Bawang merah mempunyai sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi rasa nyeri akibat radang gusi, sakit gigi berlubang, dan gusi bengkak. Meskipun belum ada penelitian terkait, tapi saya sudah membuktikan sendiri khasiatnya. Untuk hasil terbaik tambahkan campurkan halusan bawang merah dengan garam. Kemudian oleskan secara merata ke bagian gusi bengkak. Diamkan sampai meresap, lalu berkumurlah dengan air hangat.

19. Minyak cengkeh
Minyak satu ini sudah terkenal memiliki banyak khasiat, apalagi untuk mengobati masalah mulut dan keluhan sakit gigi berlubang. Akan tetapi sebelum menggunakan minyak cengkeh sebaiknya pastikan dulu apakah produk yang kamu beli asli atau tidak.

Untuk penggunaan minyak cengkeh sangatlah mudah. Kamu cukup mengoleskan minyak cengkeh ke bagian gusi yang bengkak minimal 2x sehari. Biasanya hanya dalam 3-4 hari saja gusi bengkak sudah sembuh.

20. Pakai sikat gigi bayi
21. Gunakan pasta gigi yang khusus untuk gigi sensitif
22. Selalu berkumur sehabis makan
23. Hindari menggunakan tusuk gigi
24. Berkumur dengan larutan abotil


Obat apotik gusi bengkak


Asam mefenamat - takaran 500 mg diminum 3x sehari
Clindamycin - takaran 150 mg diminum 3x sehari
Dexamethasone - takaran 0,5 mg diminum 3x sehari

Asam mefenamat fungsinya menghilangkan sakit di gusi serta gigi. Clindamycin ialah antibiotik untukinfeksi karena bakteri, sedangkan dexamethasone ialah obat untuk pembengkakan gusi



1 komentar:

Postingannya cukup membantu kak, terima kasih banyak..apa lagi tentang obat
gusi bengkak
nya

Back To Top