Laman

Trik Sehat

Blog yang berisi berbagai trik kesehatan bermanfaat buat banyak orang

Cara mengobati dan mengeluarkan udun

Cara mengobati udun - Udun atau bisul merupakan suatu penyakit yang mungkin bisa dikatakan tidak terlalu berbahaya, dan tidak mengakibatkan suatu hal yang bisa mengancam nyawa. Tetapi walaupun bukan suatu penyakit yang bersifat bahaya, udun merupakan penyakit yang sangat menyakitkan dan bikin tersiksa penderitanya.

Cara mengobati dan mengeluarkan udun


Penyebab udun atau  bisul



Penyakit bisul bisa terjadi di beberapa bagian tubuh, bisa pada area tertentu seperti leher, punggung, pantat, kaki, wajah, kepala dan bagian tubuh lainnya. Resiko ini ditimbulkan karena adanya bakteri yang menempel di kulit dan menginfeksi kulit tersebut. Selain dari bakteri, terdapat pula penyebab yang lain,

Berbagai penyebab udun

1.    Adanya pola makan yang kurang sehat.
2.    Kurangnya penjagaan atas kebersihan diri.
3.    Lemahnya sistem kekebalan pada tubuh.
4.    Mengkonsumsi menu makanan yang tidak sehat.
5.    Penyakit bisul ini tidak sama dengan gatal-gatal yang hanya sementara saja, akan tetapi jauh berbeda. Untuk mengetahui kepastian dari penyakit bisul ini dapat diketahui dari beberapa gejalanya, yaitu:


Cara mengobati udun atau bisul



Daun sirsak

Beberapa tahun terakhir ini, dunia kesehatan dihebohkan dengan manfaat daun sirsak sebagai obat anti kanker dan puluhan khasiat lainnya. Namun, ternyata nangka walanda ini juga punya khasiat sederhana, yaitu menyembuhkan bisul. Caranya juga sangta mudah, daun sirsak ini digiling/ditumbuk hingga halus, kemudian tempelkan pada bisul. Ramuan ini berkhasiat untuk mempercepat bisul agar cepat matang.

Daun wungu

Daun wungu atau orang sunda menyebutnya sebagai handeuleum ternyata juga punya khasiat untuk menyembuhkan bisul di kulit. Ambil beberapa lembar daun handeuleum, cuci bersih lalu ditumbuk hingga halus. Tempelkan atau oleskan
Cara mengobati bisul menggunakan lidah buaya

Tanaman lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang ampuh untuk mengatasi bisul, bahkan pada kondisi yang sangat parah sekalipun. Perawatan ini bisa dimulai dengan mengoleskan daging tanaman tersebut pada bisul dan sekitarnya. Mengoleskan lidah buaya ini secara terus menerus, setelah kering dioleskan lagi. Namun, pada pengolesan ini sebaiknya pelan-pelan dan berhati-hati, sehingga, bisul cepat sembuh. Bila perlu jadikan tanaman tersebut lebih halus agar mudah ditempelkan pada kulit lalu menutupinya dengan kain.

Cara mengobati bisul dengan daun bayam duri

Mengobati bisul bisa menggunakan daun bayam duri, yang bisa diracik dengan mudah. Proses pertamanya ialah pilih dua lembar daun bayam duri dan dicuci hingga bersih. Tambahkan garam halus dan diremas-remas sampai daun bayam ikut hancur bersama garam halus tersebut. Kemudian, oleskan pada bagian bisul, namun hindari bagian mata bisul agar tidak tersentuh. Perawatan ini dapat mengurangi rasa panas dan perih yang disebabkan oleh infeksi pada bisul tersebut.

Cara mengobati bisul memakai daun kamboja

Daun kamboja ini bisa dimanfaatkan dari getahnya, yaitu dari getah daun kamboja untuk dioleskan secara langsung ke bagian bisul. Selain itu, bisa dengan daun kamboja yang sudah dicuci sampai bersih ditambahkan minyak kelapa, lalu ditempelkan pada bagian yang bisul. Atau bisa pula minyak kelapa yang dioleskan pada daun kamboja lalu ditutupkan ke bagian bisul.

Obati udun dengan daun waru

Daun waru biasanya digunakan sebagai pembungkus makanan pada acara hajatan di kampung-kampung. Namun ada juga yang memanfaatkan sebagai ramuan penyubur rambut. Nah, kali ini kita akan menggunakannya untuk mengobati bisul. Caranya sangat sederhana, daun waru dilumatkan kemudian tempelkan pada bisul. Cara lain, daun waru dicuci bersih, lalu dipanggang di atas api. Setelah layu dan masih panas, tempelkan pada bisul. Lakukan dua kali sehari.

Cara mengobati bisul dengan mentimun dan biji pala

Buah mentimun ini dikupas dan diparut hingga lembut, dan tambahkan beberapa biji pala. Setelah tercampur, bungkus dengan daun pisang dan dipanggang. Setelah siap atau dipanggang selama beberapa menit, angkat dan biarkan sampai dalam keadaan hangat. Buka daun pisang itu dan ambil parutan yang sudah dipanggang untuk dioleskan ke permukaan kulit yang terkena bisul. Lalu tutup dengan perban agar lebih memudahkan racikan terjaga di area bisul.

Mengobati bisul denganbawang putih

Bawang putih bisa pula dimanfaatkan sebagai pengobatan bisul karena bahan dapur yang satu ini memiliki peran sebagai antibiotik. Untuk perawatan bisul ini bisa dimulai dengan mengupas bawang putih dari kulitnya, lalu dibersihkan dan ditumbuk sampai halus. Setelah itu, tumbukan siap untuk dioleskan secukupnya saja, pada bagian bisul dengan menutupi menggunakan perban. Pada proses ini, akan terasa sedikit pedih, namun itu tak mengapa karena merupakan bagian dari proses penyembuhan.

Cara mengobati bisul menggunakan daun sirih

Begitu banyak dan lengkap manfaat dari daun sirih ini, termasuk pula untuk mengobati bisul pada permukaan kulit. Prosesnya ialah dengan mengambil tiga lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih, lalu ditumpuk sampai halus. Tumbukan itu nantinya yang akan dibalurkan pada bagian yang bisul. Gunakan perban untuk menutupi dan menjadikan tumbukan bisa menempel dengan baik.


Cara mengobati bisul atau udun dengan daun iler

Daun iler atau daun miana ini sebenarnya punya warna ungu yang bagus untuk dijadikan tanaman hias. Selain itu, kegunaannya sebagai tanaman obat juga layak diperhitungkan. Untuk mengobati bisul, prosesor pengobatannya sama seperti daun waru, daun iler dicuci, olesi dengan minyak kelapa, lalu digarang. Hangat-hangat kuku, ditempelkan pada bisul.

Cara mengobati udun dengan bawang merah

Bawang merah memang salah satu bumbu dapur yahng kaya akan khasiat. Salah satunya bisa dipakai sebgai obat untuk menyembuhkan bisul. Ambil 1 butir bawang merah lalu dikupas, cuci dan parut. Ambil secukupnya dan tempelkan pada bisul. Ramuan ini juga bagus untuk mengobati luka/borok agar cepat kering dan tidak terjadi infeksi.

Mengobati udun dengan sosor bebek

Salah satu tanaman hias yang bermanfaat untuk dunia pengobatan tradisional. Secara turun temurun, sosor bebek kerapkali digunakan sebagai obat untuk mengatasi berbagai penyakit seperti sakit kepala, demam, ambeien, vertigo, radang lambung, muntah darah, rematik, disentri, demam, diare dan tentu saja bisa mengobati bisul. Ambil 6 helai daun sosor bebek, dicuci bersih, kemudian tumbuk halus. Beri garam dan air secukupnya. Borehkan ramuan itu pada bisul dan sekelilingnya, lalu balut. Ganti 2 kali sehari sampai sembuh.

Mengobati udun dengan menggunakan daun katuk

Selama ini kita mengenal daun katuk hanya sebagai sayuran untuk disantap. Namun, nenek moyang kita ternyata sudah lebih cerdas. Mereka memanfaatkan daun katuk untuk beberapa pengobatan tradisional, salah satunya mengobati bisul atau borok. Ambil segenggam daun katuk, cuci bersih lalu dilumatkan. Tempelkan pada luka/bisul dan biarkan hingga kering.

Mengobati udun dengan bunga pukul empat

Bunga pukul empat juga merupakan salah satu tanamn hias yang dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan bisul atau borok. Siapkan 10-12 helai daun kembang pukul empat, lalu dicuci bersih. Kemudian lumatkan dan beri garam secukupnya. Tempelkan ramuan tersebut pada bisul dan sekitarnya, balut dengan kain bersih.

Mengobati udun dengan temu lawak

Dulu, waktu saya kecil, temulawak sering dijual di warung-warung dalam botol sebagai minuman kesehatan. Seperti jahe, kunyit, kencur, lengkuas dan tanaman rimpang lainnya, temulawak juga punya banyak khasiat sebagai obat tradisional, termasuk untuk obat bisul. Sediakan 1 ruas jari temulawak, kemudian diiris tipis. Rebus dengan 2 gelas air bersama sedikit gula aren, angkat dari api, lalu masukkan seibu jari asam jawa. Setelah agak dingin, saring, diminum sekaligus.

Mengobati udun dengan asam jawa

Untuk mengobati bisul kita akan menggunakan asam kawak. Asam kawak ialah biji asam jawa yang sudah diolah sehingga warnanya berubah menjadi hita, bukan coklat. Ambil asam kawak sebesar telur burung puyuh lalu direndam dalam air hingga mengembang. Rebus bersama 5 iris temulawak dan gula aren secukupnya agar manis. Minum air rebusan tersebut 1 kali sehari. Untuk obat luar, campurkan asam kawak, minyak kelapa dan garam secukupnya. Kemudian tempelkan pada bisul, biarkan hingga mengering dengan sendirinya.

Mengobati udun dengan daun/bunga kecubung

Beberapa orang sangat berhati-hati saat berurusan dengan bunga kecubung, karena termasuk dalam kategori bercun jika dikonsumsi sembarangan. Namun, bunga kecubung aman digunakan sebagai obat luar, salah satunya obat bisul. Hancurkan beberapa lembar daun kecubung atau bunga kecubung, lalu tempelkan pada bisul. Biasanya bisul akan cepat matang dan sembuh.

Tempuyung

Temuyung atau dikenal juga dengan nama tanaman jombang, dikenal karena khasiatnya dalam mengobati kencing batu. Karena itu, sebagian orang menamaknnya dengan gempur batu. Tapi jangan salah, ada tanaman lain yang namanya juga gempur batu. Jadi mari kita sepakat untuk menyebutnya sebagai tempuyung atau jombang saja. Selain dapat menyembuhkan kencing batu, tempuyung ini juga bisa mengobati bisul. Cuci batang dan daun tempuyung, giling/tumbuk hingga halus, peras airnya. Airnya dioleskan pada bisul dan ampasnya bisa ditempelkan.



Proses pertumbuhan udun


Stadium 1 : kulit terasa hangat, ada benjolan sedikit jika ditekan tidak terlalu sakit
Stadium 2 : kulit terasa hangat , mulai timbul benjolan bisul area sekitar mulai sakit dan jika ditekan mulai sakit, badan mulai pegal dan terasa ngregesi.
Stadium 3 : kulit hangat panas , timbul benjolan besar mulai ada bintil atau tidak ada bintil sama sekali sekitar area terasa sakit.demam dan badan tersa pegal dan ngregesi


Tindakan mengeluarkan udun yang benar


Bisul besar stadium 3 baru bisa sembuh jika mata bisul (berupa benjolan kecil bulat lemak) bisa dikeluarkan. Mata bisul baru bisa dikelurkan jika bisul sudah membesar dan untuk mempercepat pembesaran bisa diolesi ichtiyol.

Proses mengeluarkan udun

1. Siapkan kapas, kain kasa steril , plester dan gunting, betadine, alkohol 70% , jarum suntik steril, jika ada sarung tangan karet untuk operasi.

2. Cuci tangan sebelum mulai mengeluarkan isi mata bisul atau pakai sarung tangan karet khusus untuk operasi kecil.

3. Olesi area bisul dengan alkohol 70%, dan lap dengan kain kasa steril.

4. Buka jarum suntik dan tusukkan pada mata bisul untuk membuat jalan agar nanah atau darah bisa keluar.

5. Tekan bisul dan semua kotoran keluar semua. Usahan sampai semua kotoran dan mata bisul keluar.

6. Jika mata bisul belum keluar jangan dipaksa kalau tidak bisa, tutup dulu dengan kasa steril + betadine dan tutup luka dengan plester ulangi lagi prosedur diatas setelah mata bisul siap atau bisa dikeluarkan.

7. Setelah selesai bersihkan semua bekas luka dengan betadine .tutup bekas luka dengan kain kasa steril yg telah diolesi betadine. Kemudian diplester.

8. Jangan lupa minum antibiotik diatas agar tidak infeksi. Dan banyak makan buah atau minum vitamin c 1000mg/perhari untuk membantu mempercepat penyembuan luka.

(jika tidak bisa sendiri sebaiknya dilakukan oleh mantri kesehatan atau dokter yang lebih ahli)

Penting untuk diperhatikan saat mengobati udun:

Pengobatan bisul jangan asal diobati lihat cara pengobatan diatas sesuai stadium.
Bisul yang belum matang (stadium 1 &2 sebaiknya tidak dipencet percuma saja malah sakit cukup obati dengan obat tradisional  injet gula aren atau antibiotik  lyncomycin /  amoxycyln dan salep gentamycin  / garamycin  tidak usah diberi ichtiyol karena dengan minum antibitiok bisul  ditambah salep atau injet akan hilang sendiri larut dalam darah.

Bisul stadium 3 bisur sudah besar  selain minum antibiotik, bisa diolesi salep ichtiyol agar cepat matang.
Bisul setelah diolesi salep ichtiyol dan belum matang2 dan tidak keluar titik putih sebaiknya jangan dipencet sendiri karena tidak ada kotoran putih yang keluar. Olesi saja ichtiyol dan minum antibiotik saja secara teratur.

Bisul ada yang sudah membesar dan tidak bisa memecah sendiri sebaiknya dikeluarkan kotorannya oleh orang yg profesional seperti dokter atau mantri kesehatan. Jika bisul sudah matang dan gunungnya dipegang mulai adem dan lunak. Mata bisul bisa dikeluarkan oleh orang profesional atau kalo bisa sendiri tetapi harus steril agar tidak infeksi. Penderita pb sebaiknya menjaga kebersihan, mandi dengan air hangat bersih dan sabun antibiotik. Pakai handuk dan pakaian yang bersih.

Demikian di atas ulasan mengenai cara mengobati udun. Terimakasih dan semoga bermanfaat



Back To Top