Laman

Trik Sehat

Blog yang berisi berbagai trik kesehatan bermanfaat buat banyak orang

Cara mengobati kecetit atau sakit pinggang lengkap dan tuntas

Cara mengobati kecetit - siapapun saya yakin pasti tidak mau mengalami yang namanya sakit pinggang. Selain rasanya yang sakit menyiksa, sakit pingga juga tentunya bisa menghambat berbagai aktifitas yang kita lakukan. Nah, bagi anda yang saat ini sedang mengalami sakit kecetit, atau sakit pinggang. Baik itu kecetit di leher maupun kecetit di pinggang, silahkan simak cara pengobatannya di bawah ini.

Cara mengobati kecetit atau sakit pinggang lengkap dan tuntas

Cara mengobati kecetit dengan bahan alami


1. Cara mengobati kecetit dengan kumis kucing

Sejak dulu orang manganggap kumis kucing adalah obat yang dapat digunakan untuk meredakan sakit pinggang. Oleh karena itu, ibu kita sering menanam kumis di halaman rumah sebagai bunga hiasan rumah dan tanaman obat herbal.

2. Cara mengobati kecetit dengan daun bakung

Selain kumis kucing, daun bakung juga dipercaya sebagai alternatifobat sakit pinggang. Caranya lumayan gampang, yaitu dengan membakar beberapa helai daun bakung kemudian setelah layu lumuri dengan minyak kelapa, dan tempelkan di pinggang yang terasa nyeri. Daun bakung ini hanya digunakan sebagai obat luar saja.

3. Cara mengobati kecetit dengan akar ilalang

Selain kedua tanaman diatas, akar ilalang dipercaya mampu meredakan nyeri pinggang. Cara penggunaannya adalah dengan mengambil 5 helai akar ilalang dan rebus hingga mendidih. Minumlah air tersebut dua kali sehari, pagi dan sore hari hingga pinggang benar-benar terasa tidak sakit. Bunda dapat mengkonsumsi obat ini seminggu sekali sebagai pencegahan nyeri pinggang.

4. Cara mengobati kecetit dengan air putih

Banyak orang berpendapat bahwa air putih adalah obat dari segala macam penyakit termasuk obat sakit pinggang. Bila selepas bangun tidur pinggang kita terasa sakit, maka minumlah air putih hangat 3-4 gelas. Ingat, air hangat, bukan air dari dalam kulkas yang dingin. Percayalah, beberapa waktu kemudian pinggang kita akan terasa enteng dan nyeri akan hilang. Minum air putih selepas bangun tidur sebaiknya tidak hanya dilakukan pada saat pinggang terasa sakit saja, namun sebaiknya setiap hari sebagai tindakan pencegahan.

Selain dihilangkan dengan mngkonsumsi obat herbal di atas, kecetiti juga bisa di atasi dengan melakukan berbagai hal di bawah ini

Cara menghilangkan kecetit


1. Jangan dibiasakan membungkuk

Memang banyak yang bilang bungkuk itu tidak baik bagi kesehatan. Termasuk memperparah sakit pinggang, apalagi anda menghabiskan waktu yang lama untuk duduk di depan komputer dan membungkuk. Mulai sekarang duduklah dengan posisi badan yang tegap, bahu yang rileks dan menggunakan bantalan pinggang.

2.konsumsi  obat kecetit
Terdapat beberapa jenis obat yang dapat di gunakan untuk meredakan kecetit atau sakit pinggang yaitu nonsteroidal anti-inflammatory drugs (nsaids) dan acetaminophen.  Pada saat anda ingin mengkonsumsi obat ini pastikan anda berkonsultasi dulu kepada dokter karena obat ini memiliki beberapa efek samping seperti berapa dosis yang harus di konsumsi agar tidak membahayakan.

3. Tidur miring
Pada saat anda mengalami sakit pinggang pasti anda akan mengalami sulit tidur, solusi yang dapat anda gunakan adalah tidur dengan posisi miring, untuk menjaga tulang belakang dalam kondisi netral tempatkanlah bantal di antara lutut anda. Tapi apabila anda sudah sangat terbiasa tidur terlentang dan dtidak bisa tidur miring maka solusinya adalah dengan meletakan bantal di bawah lutut anda dan tidur di kasur yang empuk dan nyaman.

5. Dengan menstimulasi syaraf
Untuk mengurangi rasa sakit yang di sebabkan oleh sakit pinggang anda dapat melakukan perawatan seperti akupuntur. Ada juga cara selain akuppuntur yaitu transcutaneous electrical nerve stimulation yaitu metode dengan mengirim ulsa listrik ke dalam syaraf guna menghalangi sinyal rasa sakit yang masuk.

7. Melakukan  pijat punggung
Berdasarkan penelitian yang telah di lakukan apabila dalam 10 minggu kita selalu melakukan sekali pijat punggung dalam seminggu, maka sakit punggung dalam diri kita akan berkurang. Tetapi manfaatnya tidak di rasakan secara permanen dan hanya berlaku dalam enam bulan saja.

8. Olahraga
Memang hal in cukup bertentangan dengan apa yang biasanya di ucapkan dokter yaitu mengistirahatkannya. Tetapi berbaring itu hanya akan memperburuk keadaan pada punggung kita dan menjadikannya semakin sakit. Lakukanlah olahraga untuk melenturkan tulang anda seperti bejalan, yoga atau berenang.

9. Lakukan terapi panas dan dingin
Lakukanlah terapi dingin untuk beberapa hari pertama dengan batu es. Anda dapat menyentuhkannya langsung pada punggung anda selama 10-20 menit setiap kalinya. Dan untuk mengendurkan otot otot anda anda dapat melakukan terapi panas di hari selanjutnya setelah terapi dingin. Dengan meletakan bantalan panas pada punggung anda. Atau ada cara yang lebih praktis lagi yaitu mandi air hangat. Jangan pernah meniggalkan bantalan panas di punggung anda karena bisa saja punggung anda terbakar.

10. Konsumsi antidepresan
Selain di gunakan untuk mengobati depresi ternyata anti depresan juga dapat di gunakan untuk mengurangi rasa nyeri akibat sakit pinggang. Antidepresan dapat mempengaruhi sinyal rasa sakit dalam tubuh sehingga akan terkurang rasa sakitnya.

11. Gunakan suntik tulang belakang
Banyak suntikan yang dapat di gunakan untuk meredakan rasa nyeri. Untuk meredakan peradangan yang mengakibatkan rasa sakit di gunakan suntikan kortikosteroid. Untuk menghindari efek yang tidak baik untuk tubuh maka dosis yang di pakai harus sesuai sengan aturan dokter.

12. Melakukan operasi punggung
Pada saat pada tulang anda terdapat benjolan yang menekan syaraf maka dokter akan melakukan operasi pada syaraf yang tertekan. Operasi ini berguna untuk menstabilkan tulang belakang agar kembali pada kondisi sediakala. Operasi adalah jalan terakhir yang di gunakan untuk menyembuhkan sakit pinggang mengingat keberhasilah dari hal ini 50 banding 50.

Nah jika berbagai keluhan kecetit anda tidak sembuh dengan pengobatan di atas, tidak ada salahnya jika melakukan pengobatan cara lain, yaitu dengan membeli obat sakit pinggang atau kecetit di apotik

 Obat sakit pinggang di apotik


Saat ini obat sakit pinggang memang banyak dan beragam jenisnya. Obat sakit pinggang di apotik ada yang berjenis kapsul, sirup dan juga cream yang dioleskan dikulit. Obat sakit pinggang berjenis paksul adalah asam mefenamat 500 mg kap 100's/g dengan dosis 3 kali sehari 1-2 kapsul dan efeksamping gangguan saluran pencernaan, mengantuk, hipersensitifitas, diare.

Obat sakit pinggang berjenis sirup adalah novalgin syrup. Jenis obat ini mengandung natrium metamizol. Obat ini dapat dapat digunakan untuk meredakan sakit kepala, lumbago (sakit pinggang), kolik ginjal & kandung empedu dan untuk menurunkan suhu tubuh pada saat demam. Obat ini juga mempunyai efek samping agranulositosis, pembengkakan wajah, gatal-gatal, terasa konstriksi pada bagian jantung, nadi cepat, & sensasi dingin pada tangan & kaki. Dosis pemakaian dapat dibaca pada kemasan obat.

Obat sakit pinggang di apotik berjenis cream adalah sorlex  cream dengan komposisi tiap gramnya mengandung ekstrak chamomile 0,1 %, menthol 5,5%,methylsulfonylmethane 2%, minyak gandapura 1,5%, camphora 0,5% dan capsaicin 0,06%. Obat ini dapat digunakan untuk menghilangkan sakit pinggang, leher, sendi dan otot. Untuk menghilangkan kekakuan otot termasuk sebelum dan sesudah olahraga serta rematik ringan.

Obat berjenis cream hanya untuk pemakaian luar dan hindari kontak dengan mukosa, mata, kulit yang teriritasi, luka terbuka. Bunda harus menghentikan pemakaian apabila timbul iritasi dan kemerahan pada kulit.

Di atas adalah berbagai cara mengobati kecetit, atau mengobati sakit pinggang dengan cara alami, dengan menggunakan obat apotik, dan cara lainnya. Silahkan di coba dan bermanfaat.

1 komentar:

Back To Top