Laman

Trik Sehat

Blog yang berisi berbagai trik kesehatan bermanfaat buat banyak orang

17 Cara mengobati keseleo dan kecetit pada kaki

Cara mengobati keseleoTahukah anda bagaimana mengatasi kecetit di kaki? Hmm pastinya sangat menyakitkan ya jika mengalami hal itu. Yup tentu saja saat kecetit atau keseleo dikaki, rasanya sangat sakit sekali. Antara rasa ngilu dan sakit bila digerakkan. Keluhan ini bisa menyerang siapa saja, mulai anak kecil hingga orang tua. Biasanya para olahragawan yang sering mengalami keseleo ata terkilir di kaki ini.

cara mengobati keseleo atau kecetit di pergelangan kaki

Penyebab keseleo atau kecetit di kaki

Banyak hal yang menjadi penyebab dari kecetit di kaki ini. Antara lain adalah :
Biasanya keluhan keseleo atau terkilir atau kecetit di kaki ini muncul saat adanya peregangan berlebihan atau bisa dibilang karena stres berat yang mendadak pada sendi. Ada beberapa contoh aktivitas yang dapat memicu  penyebab keseleo ini, antara lain jatuh pada posisi yang tidak wajar, kurangnya pemanasan, atau teknik latihan yang salah saat berolahraga, dan lain sebagainya.

Gejala keseleo di kaki

Seringkali keseleo menyebabkan peradangan atau perdarahan di  ligamen yang secara kasat mata bisa terlihat memar dan bengkak di sekitar area yang terkena dampak tersebut. Dan akibat rasa nyeri yang disebabkan oleh peradangan ini, anda akan kesulitan menggerakkan bagian yang terkena, misalnya lutut, kaki, atau tungkai.

Pertolongan pertama pada kecetit di kaki

Jika anda mengalami keseleo di kaki, maka pertolongan pertama yang harus dilakukan adalah mengompresnya dengan es. Atau jika anda punya minyak khusus yang memang untuk mengobati kecetit atau keseleo, maka anda bisa mengoleskannya. Dan bila kondisinya parah, usahakan jangan asal memijit, karena nanti jika tidak tahu titik syarafnya akan menyebkan keluhan makin parah. Segera panggil petugas medis atau dokter untuk pertolongan lebih lanjut.

Diagnosis keseleo di kaki

Untuk mendapatkan diagnosis secara  tepat, biasanya pihak medis/dokter akan mengajukan beberapa pertanyaan. Dokter akan bertanya tentang kegiatan yang dilakukan sebelum keseleo, penanganan atau pengobatan apa yang sudah diambil, di sesuaikan dengan kondisi yang terjadi. Kondisi sendi dapat menunjukkan tingkat keparahan keseleo yang dialami. Dokter akan memeriksa dengan cara mengamati area yang terinfeksi dan meminta anda untuk mencoba menggerakkan atau meletakkan beban pada area tersebut.
Beberapa tes bisa dijalani untuk mengecek area yang mengalami keseleo, seperti x-ray, usg, atau mri scan. Pindai x-ray akan direkomendasikan pada pasien keseleo yang berusia di atas 55 tahun dan sudah pernah mengalami cedera lutut sehingga memiliki risiko keretakan tulang yang lebih besar.
Pada kasus yang parah atau langka, diagnosis dapat diperoleh bersamaan dengan penanganan melalui prosedur pembedahan. Tindakan operasi dapat membantu mendeteksi ligamen robek yang tidak diketahui saat cedera terjadi.

Cara mengobati keseleo atau kecetit di kaki

Apapun itu penyebabnya, entah keseleo terjadi karena  tengah berjalan atau berolahraga, pergelangan kaki akan terasa tak nyaman sama sekali. Dan hampir semua orang pasti sudah pernah mengalami  kaki keseleo ini. Nah anda yang sedang  mengalaminya dan ingin mencari cara mengatasi keseleo pergelangan kaki, maka silahkan simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Hentikan aktifitas segera/istirahat (rice).
Selama cedera, pastikan pergelangan kaki diberi waktu istirahat dengan tidak melakukan kegiatan yang melibatkan anda. Tapi  tidak usah menghindari 100 persen segala aktivitas fisik karena kelelahan otot anda lainnya juga perlu dijaga kesehatannya, intinya, istirahat di sini artinya mengurangi kegiatan fisik yang berfokus pada kaki, khususnya bagian pergelangan.
2. Latihan
Sepintas mungkin anda merasa cara ini terlihat kebalikan dari serangkaian metode rice di mana pergelangan kaki disarankan untuk diistirahatkan. Latihan di sini bukan berarti harus membuat pergelangan kaki aktif seperti biasanya, ini hanya untuk membuat mobilitas lebih meningkat.
3. Es
Bagian pergelangan kaki yang nyeri bisa dikompres denan  es supaya sakit dan bengkak bisa berkurang atau bahkan bisa dicegah sebelum muncul. Es bisa ditempel di bagian pergelangan supaya ligamen tak mengalami peradangan; tempelkanlah sekitar 20 menit yang bisa dilakukan 3 kali dalam sehari secara 3 hari berturut-turut untuk melihat perkembangannya. Namun, hentikan saat itu juga ketika pergelangan kaki saat dikompres maupun direndam air es terlihat putih karena dinginnya es juga bisa membuat cedera makin parah.
4. Angkat pergelangan kaki
Mengangkat pergelangan kaki hingga sampai tepat di atas posisi jantung. Posisi pergelangan kaki yang ditinggikan bisa membuat cairan yang dipicu cedera bisa kering dengan baik.
5. Kompres.
Kompres yang ini berbeda dari yang sebelumnya menggunakan es karena anda membutuhkan perban elastis untuk melakukan hal ini. Lilitkan perban dari ujung kaki anda hingga betis di bagian tengah dengan memberikan tekanan tapi jangan juga terlalu banyak. Perban wajib dikendurkan apabila anda melihat bahwa jari-jari kaki warnanya berubah menjadi biru atau mendingin atau justru malah mati rasa. Perban yang dibalutkan tidak boleh terlalu ketat maupun longgar, jadi tetap ada tekanan namun kencang dan nyaman.
6. Peregangan
Peregangan sangat diperlukan supaya jangkauan gerakan bisa dinormalkan kembali, malah jika anda mencoba menghindari peregangan, cedera keseleo anda bisa semakin serius. Cobalah untuk berdiri dengan menempelkan tangan ke dinding di mana kaki yang keseleo perlu ditaruh satu langkah di belakang kaki yang lain.
Tumit harus dijaga supaya tetap menempel di bagian lantai lalu lutut bisa ditekuk secara perlahanhingga peregangan di bagian betis betul-betul dirasakan. Peregangan seperti ini kemudian bisa ditahan selama beberapa saat, yaitu 15 hingga 30 detik yang bisa diulangi 2 hingga 4 kali untuk membuat ligamen menjadi lebih baik nantinya.
7. Aloe vera
Aloe vera adalah salah satu obat penyembuh yang kerap dipakai dalam beberapa jenis cedera saat olahraga. Ambil ekstrak dari gel lidah buaya dan basahi cotton bud dengan gel lidah buaya ini sebelum mengoleskannya ke bagian yang cedera. Mengoleskan dengan jari tangan juga tak masalah, lalu biarkan gel tersebut kering; bisa juga tambahkan gliserin supaya lebih kental.
8. Minyak esensial serai
Dalam minyak esensial serai terdapat banyak kandungan baik, seperti halnya zat anti-bakteri, analgesik dan antiseptik berikut juga sifat fungisida, maka minyak ini merupakan bahan alami yang bisa menyembuhkan keseleo pada pergelangan kaki. Otot dan sendi yang cedera bisa diringankan ketika diolesi minyak ini dengan sambil memberikan pijatan lembut pada area yang keseleo. Pergelangan kaki yang terkilir bisa coba diobati menggunakan bahan aman ini sehari 3 kali untuk hasil kesembuhan yang lebih cepat.
9. Jahe
Manfaat jahe dalam memberikan kehangatan bagi tubuh juga tak diragukan lagi melalui hidangan yang dinamakan wedang jahe, tapi tak sebatas itu saja khasiatnya. Jahe juga dipercaya ampuh dalam mengatasi bagian pergelangan kaki yang mengalami keseleo yang bahkan cara membuatnya pun sangat mudah.
Untuk mengobati bagian yang sakit, anda bisa coba dengan menyiapkan air 8 gelas saja untuk dituang ke sebuah wadah dan menambahkan irisan jahe 2 sampai 3 inci. Selama 5 menit saja, anda bisa didihkan air ramuan ini lalu mendiamkannya sejenak hingga agak dingin atau paling tidak masih hangat. Sediakan kain bersih yang kemudian bisa direndam ke ramuan air jahe tersebut dan pergelangan kaki yang cedera bisa dibalut dengan kain tersebut.
Obat satu ini dianjurkan untuk digunakan sesudah lewat dari 2 sampai 3 hari dari waktu anda mengalami cedera atau keseleo tersebut. Larutan tidak boleh terlalu panas saat digunakan, maka pastikan keadaannya sudah hangat baru dipakai; jika masih panas, jaringan kulit bisa rusak.
10. Kubis
Kubis pun dapat dipakai untuk menyelamatkan pergelangan kaki anda yang cedera. Secara sederhana, anda bisa memanfaatkan kubis yang kaya vitamin dan fitonutrien ini untuk membuat proses penyembuhan pergelangan kaki lebih cepat. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuang daun kubis bagian paling luar, kemudian daun bisa dihancurkan dengan rolling pun demi memperoleh jusnya.
Daun kubis kemudian bisa dihangatkan di dalam oven sehingga kubis bisa ditutupi dengan foil, tapi jangan menggunakan api yang terlalu panas. Kubis tersebut kemudian bisa ditunggu sampai suhunya hangat dan bukan panas untuk ditempelkan ke bagian pergelangan kaki anda. Jika malas untuk memegaginya terus, anda bisa coba untuk menggunakan perban untuk membuatnya lebih aman. Obat semacam ini akan mampu menyembuhkan pergelangan kaki anda secara lebih cepat apabila anda memakainya sehari paling tidak 2 kali selama 2 hari minimal.
11. Minyak jarak
Satu ini sebetulnya sudah tak asing lagi karena sudah sejak lama banyak orang memanfaatkannya sebagai obat keseleo, jadi untuk pergelangan kaki anda yang cedera dipastikan bisa lebih cepat sembuh. Minyak jarak yang sudah anda beli bisa dituangkan ke sebuah wadah lalu kain katun bisa dicelup ke dalam minyak tersebut.
Kain itulah yang bisa anda gunakan untuk mengompres bagian kaki yang keseleo, lalu supaya tidak mudah lepas, cobalah untuk menggunakan isolasi plastik untuk menjaganya di tempat. Belum selesai sampai di situ, isilah sebuah botol dengan air panas yang kemudian bisa coba diletakkan ke kain yang sudah dicelup ke minyak jarak pada kaki anda kurang lebih 30 menit. Melakukannya paling tidak 2 hari berturut-turut sehari 3 kali akan membuat pemulihan kaki keseleo tersebut lebih cepat dan sempurna.
12. Minyak zaitun
 minyak zaitun yang terbukti baik untuk kesehatan ini dapat juga diandalkan dalam penyembuhan pergelangan kaki yang terkilir. Hanya 1 sendok teh minyak zaitun saja yang dibutuhkan untuk dipanaskan yang kemudian bisa didinginkan. Minyak dalam keadaan hangat ini bisa diaplikasikan ke area yang cedera dan dipijat-pijat lembut hanya beberapa menit saja yang bisa dilakukan paling tidak tiga kali sehari yang bertujuan untuk membuat otot lebih rileks.
Cara alternatif yang bisa dicoba adalah dengan mencampurkan minyak zaitun 1 sendok makan saja dengan 1 kuning telur, lalu diaduk sampai rata. Setelah ramuan jadi, ramuan ini bisa dioleskan ke bagian yang cedera dan untuk mendukung penyerapan sempurna, pakai kain katun bersih untuk membungkusnya. Proses pengobatan ini dapat diulangi sealama beberapa hari ke depan hingga pergelangan kaki membaik.
13. Kunyit
Kunyit merupakan bahan alami yang mampu memberikan kesembuhan bagi pergelangan kaki anda yang keseleo. Entah itu sendi anda mengalami peradangan atau otot mengalami cedera terkilir, sifat anti inflamasi pada kunyit ini akan membantu pemulihan lebih cepat. Untuk lebih efektif, tambahkan air jeruk nipis 1 sendok makan saja yang dilanjutkan dengan bubuk kunyit 2 sendok makan demi membuat pasta kental.
Pasta inilah yang bisa dioleskan ke pergelangan kaki anda dan akhirnya bisa menggunakan perban untuk menutupinya. Apabila menggunakan obat ini seminggu secara berturut-turut dan menggunakan ramuan tersebut setiap 10 jam sekali, maka hasilnya pasti akan lebih baik.
14. Bawang putih dan almound
Pergelangan kaki yang terkilir bisa disembuhkan dengan mencampurkan minyak almond 1 sendok teh dengan minyak bawang putih 1 sendok teh yang lalu bisa dioleskan ke area yang cedera sambil memijat-mijatnya. Melakukan hal ini sehari 3 kali akan mempercepat pulihnya pergelangan kaki anda.
15. Menggunakan bawang merah
Pilih bawang yang berukuran besar 1 siung saja yang kemudian selama 2 jam disimpan di dalam kulkas yang baru setelah itu boleh dipotong kecil-kecil, lalu dicampur dengan satu sendok penuh garam. Area yang sakit bisa dioleskan dengan ramuan ini lalu balut dengan kain agar segala zat baik bisa terserap baik. Lepas setelah 8 jam dan ganti dengan yang baru; lanjutkan perawatan pergelangan kaki anda ini sampai cedera sembuh betul.
16. Pemijatan
Untuk kondisi keseleo yang parah, pemijatan  hanya diperbolehkan untuk yang benar-benar profesional dan paham betul akan urat syaraf
17. Minyak pijat
Untuk mengatasi terkilir, anda juga bisa mengoleskan minyak khusus atau  balsem, khususnya untuk kondisi keseleo yang ringan


Nah itulah diatas ulasan mengenai obat kaki keseleo atau pengobatan kecetit pada kaki. Silahkan mencoba tips diatas dan semoga lekas sembuh.

Back To Top