Laman

Trik Sehat

Blog yang berisi berbagai trik kesehatan bermanfaat buat banyak orang

15 bahaya minum air dingin setelah makan buat kesehatan


Bahaya minum air dingin - Habis makan terus minum air dingin? Kayaknya memang enak sih. Tapi tahukah anda jika minum air dingin setelah makan itu berbahaya? Masa sih, penasaran kan? Yuk cekidot informasi lengkapnya di bawah ini.

15 bahaya minum air dingin setelah makan buat kesehatan

Bahaya atau akibat buruk minum air dingin setelah makan merupakan dampak yang bisa dibilang karena di sebabkan pengaruh gaya hidup serta kebiasaan yang tidak sehat. Memang sih, miinum air dingin itu sangat melegakan, menyenangkan serta membuat fresh. Serta minum air dingin setelah makan lebih cepat kita merasa kenyang dari pada minum air hangat.

Lantas bahaya apa saja yang bisa menimpa, apabila mengkonsumsi air dingin setelah makan? Yuk langsung saja simak info lengkapnya di bawah ini.

Bahaya minum air dingin setelah makan yang wajib anda ketahui


Minum air dingin setelah makan berbahaya, karena menghalangi  penyerapan nutrisi
Bahaya minum air dingin setelah makan yang pertama adalaah karena nutrisi yang telah masuk didalam tubuh tidak mampu terserap dengan maksimal dan proses penyebaran nutisi dalam darahpun jadi terhambat karena masuknya air dingin tersebut, terlebih jika dalam jumlah yang berlebihan.

Bahaya minum air dingin berikutnya adalah bisa menghalangi proses penghancuran lemak
Minum air dingin setelah makan bisa menggagalkan proses pembakaran lemak pada tubuh. Terutama yang sedang menjalani program diet sebaiknya hindarilah minum air dingin setelah makan.  Selama program  diet sedang berlangsung agar terhindar dari penumpukan lemak di sekitar perut serta lengan dan pada paha.

Perut jadi kembung
Air dingin yang di minum sesaat setelah anda makan dapat menyebabkan peningkatan gas serta asam lambung dan jaringan perut menjadi tegang dan kejang. Kondisi ini bisa menyebabkan seseorang menderita perut kembung dan perut terasa penuh akibat banyaknya gas yang masuk pada jaringan perut. Perut terasa tidak nyaman serta membuat seseorang jadi menderita begah

Bahaya lainnya karena bisa menyebabkan iritasi tenggorokan
Bahaya minum air dingin setelah makan yang juga sering menyerang anak anak adalah iritasi serta peradangan tenggorokan. Yang mana hal itu bisa menyebabkan rasa sakit ketika menelan ludah atau makanan. Dan biasanya iritasi tenggoeokan bisa berubah jadi penyakit batuk .

Bahaya penyumbatan usus
Terlalu sering minum air dingin setelah anda makan bisa juga meyebabkan proses penghancuran dan penyerapan makanan didalam usus jadi terganggu. Bahaya minum air dingin setelah makan ini lebih sering di sebabkan karena ada nya suhu dingin air yang menjadikan struktur makanan jadi beku, kondisi inilah yang bisa menyebabkan pengendapan pada lemak dan saluran usus sehingga terjadi penyumbatan

Gangguan pada ritme jantung
Dan berikutnya, bahaya yang anda dapatkan setelah minum air dingin sehabis makan ialah dapat menghambat aliran pada darah yang menuju jantung, akibatnya saraf disekitar jantung anda yang di singgahi air dingin dalam jumlah yang berlebihan mengganggu ritme atau detak jantung. Denyut jantung tidak lagi beraturan yang mana hal ini bisa menyebabkan sesak nafas serta nyeri dada.
.
Sering merasa haus
Bahaya minum air dingin setelah makan berikutnya adalah sering merasa haus. Biasanya hal ini dialami oleh anak anak serta bisa juga orang dewasa. Yang mana tenggorokan jadi gampang kering dan jadi sering merasa haus. Minum air dingin setelah makan dalam jumlah banyak juga bisa mengacaukan stabilitas keseimbangan tubuh. Dan hal itu akan menyebabkan seseorang merasa haus kembali setelah beberapa saat minum segelas air.

Bahaya minum air dingin setelah makan berikutnya adalah gangguan pada fungsi fisiologis
Minum air dingin setelah makan yang biasa di lakukan setiap hari bisa meningkatkan aliran darah yang menuju ke otak , hal inilah yang menyebabkan kacaunya fungsi fisiologis yaitu berupa rasa pusing yang timbul tenggelam yang bisa menyebabkan pembekuan otak.

Pembesaran pada amandel
Bagi yang terbiasa minum air dingin setelah makan, sebaiknya berhati hati. Sebab bisa meningkatkan proses pembesaran amandel, yang bisa menyebabkan seseorang kesulitan untuk menelan makanan. Pembesaran amandel dapat mengganggu sistem pernafasan dan mudah terjadi iritasi ketika seseorang sering minum air dingin yang di imbangi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh .

Menjadikan Perut buncit
Berikutnya, bahaya minum air dingin setelah makan yang sering terjadi pada kebanyakan orang dewasa baik pria maupun wanita. Adalah berupa pembesaran perut / perut membuncit. Air dingin yang masuk dalam jaringan perut sulit diproses tubuh ketika terjadi penumpukan lemak serta kolesterol. Kondisi ini dapat menyebabkan perut semakin tambah buncit.

Bisa memicu  terjadinya sakit kepala
Kebiasaan minum air dingin setelah makan, terlebih bila berlebihan bisa mempengaruhi suhu tubuh secara mendadak dan hal itu menyebabkan pelebaran pembuluh darah sekitar kepala yang akhirnya menyebabkan seseorang terserang sakit kepala. Bahaya minum air dingin setelah makan yang paling sering terjadi pada orang orang yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanann kategori siap saji atau junkfood, atau makan instan.

Bahaya lainnya adalah dapat menyebabkan batu ginjal
Banyak orang yang sudah terbiasa minum air teh dingin sehabis makan. Berhati hatilah karena minum air teh dingin setelah makan tidak boleh atau dilarang. Itu karena zat oxalate yang ada pada teh bisa mempercepat pembentukan kristal yang menyerupai batu dalam jaringan ginjal anda. Air teh yang dingin bisa juga  menghambat ginjal dalam mengendalikan cairan tubuh.

Bahaya minum air putih lainnya adalah terganggunya  fungsi pencernaan
Bahaya minum air dingin setelah makan sering terjadi karena  air dingin mampu memadatkan makanan yang berlemak yang telah kita konsumsi, hal ini menyebabkan peningkatan massa didalam jaringan perut sehingga mengganggu kinerja pencernaan. Kondisi ini bisa mempermudah bakteri untuk masuk dan akibatnya fungsi sistem pencernaan jadi terganggu.

Refluk asam
Bahaya minum air putih setelah makan berikutnya adalah mengenai penderita refluk asam. Yang mana sebaiknya seseorang yang menderita refluk asam tidak minum air dingin setelah makan dalam jumlah yang berlebihan agar tidak memperburuk refluknya.

Bahaya minum air dingin yang terakhir adalah Dehidrasi
Bahaya minum air putih setelah makan yang mungkin palin sering di alamai oleh semua manusia di dunia ialah terjadinya dehidrasi pada tubuh. Tubuh seperti merasa sangat tidak nyaman serta mudah merasa lelah atau kecapaian, karena kekurangan cairan. Selain itu, air dingin yang terlalu banyak masuk ke dalam tubuh anda, dapat menyerap cairan tubuh dengan cara bertahap, sehingga menjadikan seseorang yang terkena gangguan dehidrasi ini sangat mudah kelelahan, lesu serta sakit kepala.


Bagaimana teman-teman, udah tahu kan bagaimana bahayanya minum air dingin setelah makan? Kalo bisa jangan di lakuin ya guys, agar terhindar dari akibat buruk di atas. oke terimakasih, semoga artikel ini bisa bermanfaat buat pembaca semua.

Back To Top