Laman

Trik Sehat

Blog yang berisi berbagai trik kesehatan bermanfaat buat banyak orang

21 Cara Agar Cepat Hamil Setelah Keguguran

Siapapun orangnya pasti akan stress jika baru saja mengalami keguguran. Terlebih untuk mereka yang baru pertama kali mempunyai anak. Tapi apapun itu tentunya anda tidak boleh menyerah. Ambil hikmahnya, dan tetap berusaha lagi, serta berpikirlah positif terhadap kehendak alloh tersebut.
Lantas bagaimana cara cepat hamil setelah keguguran?




Nah, buat anda yang baru saja mengalami keguguran dan ingin cepat hamil lagi, berikut kami bagikan tips-tipsnya. Silahkan disimak.

Program hamil pasca keguguran


1.       Rutin konsultasi ke dokter. 
Memeriksakan diri ke dokter kandungan sangat penting jika anda ingin kembali hamil usai keguguran. Dokter bisa memeriksa kondisi anda dan melakukan perawatan jika anda mengidap kondisi tertentu yang menyulitkan anda untuk hamil.

2.       Konsumsi obat dari dokter kandungan. 
Usai keguguran, kemungkinan dokter akan memberikan anda obat-obatan yang mungkin bisa membantu mempercepat kehamilan. Obat-obatan itu bisa berupa antibiotik, antidepresan atau vitamin, sesuai dengan kebutuhan anda. Konsumsilah sesuai dosis yang dianjurkan. Jangan berhenti mengonsumsi obat tersebut tanpa seizin dokter. Selama merencakan kehamilan hingga trimester pertama, konsumsilah asam folat secara teratur untuk membantu perkembangan sistem saraf janin yang baik.

3.       Olahraga teratur
Kegiatan yang satu ini memang memiliki banyak manfaat, salah satunya meningkatkan kesempatan anda untuk hamil. Namun, olahraga yang berlebihan justru bisa menimbulkan dampak sebaliknya yaitu membuat tubuh tidak berovulasi.
Untuk membantu mempercepat kehamilan, anda disarankan melakukan olahraga yang ringan namun rutin. Contohnya, berjalan cepat  selama setengah jam. Lakukan lima kali dalam seminggu.

4.       Hilangkan stres. 
Pastinya stres bisa merusak cara kerja dan keseimbangan hormon yang mengontrol ovarium untuk melepas sel telur. Hasilnya, ovulasi anda menjadi terlambat atau bahkan tidak terjadi sama sekali. Padahal, salah satu cara cepat hamil adalah berhubungan seksual di masa ovulasi. Oleh karenanya, buang jauh-jauh stres dari kehidupan anda. Lakukan hal-hal yang dapat  menjadikan tubuh dan pikiran rileks.

5.       Perbanyak makanan penyubur kandungan. 
Mulailah mengonsumsi makanan yang lebih disukai oleh sistem reproduksi anda seperti daging rendah lemak, ikan, tumbuh-tumbuhan berprotein seperti kacang dan biji-bijian, karbohidrat kompleks, makanan mengandung zinc dan produk susu. Contoh makanan yang mengandung zinc adalah tiram, telur dan daging sapi.

6.       Sebaiknya kurangi minuman berkafein. 
Ada beberapa penelitian yang menyatakan bahwa kafein bisa menghambat kemampuan seseorang untuk hamil. Meski belum terbukti sepenuhnya, tidak ada salahnya membatasi atau menghindari hal-hal yang mungkin dapat  mempersulit anda memiliki keturunan. Contoh minuman berkafein yaitu kopi, teh, minuman soda dan minuman energi.

7.       Hindari rokok 
Seperti kita ketahui, rokok, alkohol dalam kadar berlebihan dan narkoba tidak baik untuk kesehatan. Jadi tinggalkan kebiasaan yang tidak menyehatkan ini jika anda ingin cepat hamil.

8.       Berhubungan intim di waktu yang tepat. 
Waktu yang tepat untuk berhubungan seksual yaitu saat ovarium melepas sel telur (ovulasi atau masa subur). Namun anda juga bisa berhubungan seksual sebelum ovulasi karena sperma dapat bertahan hidup di tubuh wanita selama seminggu. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kapan masa subur anda. Masa subur bisa diketahui dengan cara mengukur suhu basal tubuh, cek lendir serviks dan memerhatikan siklus mentruasi anda.

9.      Hindari minuman beralkohol
10.   Hindari narkoba
11.   Hindari perilaku yang dapat memicu kemandulan
12.   Hindari makanan yang memicu kemandulan
13.   Tanamkan perasaan yakin dalam diri
14.   Saling terbuka terhadap pasangan
15.   Mengkonsumsi ramuan herbal penyubur kandungan
16.   Melakukan pijat tradisional guna menyuburkan kandungan ( pastikan hanya pada orang yang  berpengalaman)
17.   Jangan terlalu capek/sebaiknya batasi aktifitas yang melelahkan
18.   Mengkonsumsi kurma muda
19.   Pastikan pasangan anda juga dijaga kesuburannya dengan olahraga cukup, istirahat cukup serta  mengkonsumi makanan/minuman penyubur kandungan.
20.   Setelah melakukan hubungan, sebaiknya tunggu hingga 2-5 menit, baru cabut kemaluan suami  dari liang senggama anda.
21.   Jangan lupa selalu berdoa kepadanya.

Nah, diatas adalah beberapa contoh program hamil pasca keguguran yang bisa anda coba. Nah, pertanyaan berikutnya, kira-kira kapan boleh hamil lagi setelah keguguran? Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut.

Kapan boleh hamil setelah keguguran?


Sangat wajar anda mempunyai pertanyaan diatas. Karena tentunya, selain ingin segera hamil lagi, anda juga harus memastikan jika hal tersebut aman bagi anda, dan tidak akan terulang kejadian buruk serupa.  Untuk menjawab  pertanyaan kapan boleh hamil setelah keguguran diatas, berikut ini kami  rangkum hasil tanya jawab, dari seorang pasien dan dokter kandungan berpengalaman dari alodokter.com. Silahkan disimak.

Pertanyaan pasien:
Dok mau tanya saya habis keguguran feb' 15 ke 2x.
Berapa lama boleh hamil lagi?
Bagaimana supaya cepat hamil lagi?
Cara spy rahimnya cepat pulih setelah kuret
Bagaimana jika hamil lagi supaya kandungan kuat/mulut rahim kuat?
Apa jika hamil lagi harus bedrest full tidak boleh kerja supaya tidak keguguran?

Jawaban dokter (dr. Tri permatadewi)
Hi, tentunya peristiwa keguguran akan membuat anda antusias sekaligus waswas dalam merencanakan kehamilan berikutnya. Untuk menjawab pertanyaan anda, tentunya sebelum merencanakan kehamilan anda harus siap secara fisik dan mental dalam menghadapi kehamilan berikutnya. Anda dapat langsung merencanakan kembali kehamilan anda setelah anda mendapatkan menstruasi anda. Tetapi karena anda telah mengalami keguguran sebanyak 2 kali, maka kehamilan berikutnya harus lebih direncanakan.

Penyebab terbanyak terjadinya keguguran adalah kelainan kromosom. Penyebab lain yang lebih jarang adalah karena kondisi kesehatan ibu dan kelainan pada rahim. Sebaiknya sebelum merencanakan kehamilan berikutnya, diskusikan dengan dokter anda langkah- langkah apa saja yang harus diambil. Dokter mungkin akan meminta anda untuk melakukan tes darah, tes kromosom, dan pemeriksaan penunjang seperti usg, histerokopi, atau sonohisterogram untuk memeriksa apakah ada permasalahan pada rahim anda.

Dengan mengetahui penyebab yang mendasari keguguran anda, maka potensi keguguran pada kehamilan yang akan datang menjadi berkurang. Dokter akan menentukan apakah kondisi anda sudah diperbolehkan hamil atau belum dan apakah bila hamil anda diperbolehkan untuk beraktivitas biasa atau tidak. Sebelum merencanakan kehamilan sebaiknya anda : - menjaga berat badan ideal - beristirahat yang cukup - batasi aktivitas fisik yang berat - memakan makanan yang bernutrisi - kurangi kafein - hindari alkohol dan rokok. Semoga membantu, dr. Tri

Nah itulah program hamil pasca keguguran yang sebaiknya anda terapkan. dan setelah melakukan program diatas, dan tetap sulit hamil setelah keguguran, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan secara intens ke dokter kandungan terbaik.

1 komentar:

https://mymiracle2108.blogspot.co.id/2012/11/kehamilan-yang-berakhir-dengan-keguguran.html?showComment=1506504501668

Back To Top