Laman

Trik Sehat

Blog yang berisi berbagai trik kesehatan bermanfaat buat banyak orang

Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dengan Kunyit

 memutihkan wajah dengan masker kunyit

Memutihkan wajah dengan kunyit – kunyit merupakan bahan rempah dengan sejuta khasiat  yang tidak perlu di ragukan lagi. Berbagai manfaat kunyit, selain sebagai bumbu masakan juga di percaya berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai keluhan penyakit. Selain buat kesehatan manfaat kunyit untuk kecantikan juga diyakini bukan hanya sebagai isapan jempol semata.

Kandungan kunyit


Curcuma longa atau yang lebih populer dengan sebutan kunyit, adalah salah satu bahan yang bisa digunakan untuk membuat masker wajah. Hal ini di karenakan dalam kunyit banyak mengandung vitamin c, vitamin b6, magnesium, zat besi dan juga banyak mengandung zat anti aging, zat anti inflamasi, anti jamur dan anti bakteri. Semua zat yang terkandung tersebut dapat berkhasiat untuk menghilangkan jerawat dan juga mencegah timbulnya keriputan pada wajah serta dapat berkhasiat untuk menghaluskan kulit. Dan tentunya kunyit bisa di gunakan untuk memutihkan badan.

Manfaat kunyit untuk memutihkan badan dan wajah


Selain dapat melembutkan, manfaat kunyit untuk memutihkan badan juga diyakini oleh para pakar kecantikan, khususnya para terapis kecantikan alami atau herbal. Saat ini sudah banyak salon kecantikan yang menggunakan masker kunyit untuk memutihkan wajah. Karena cara memutihkan wajah dengan kunyit dipercaya lebih aman dan hasilnya pun tidak kalah dengan penggunaan kosmetik pemutih yang berharga mahal.

Nah buat anda yang ingin tahu informasi mendetailnya, mengenai manfaat kunyit untuk memutihkan badan, serta bagaimana cara penggunaanya, berikut di bawah ini kami kupas ulasan lengkapnya.

Cara membuat bubuk masker kunyit yang benar


 cara membuat bubuk masker kunyit

Dalam menggunakan kunyit sebagai bahan alami untuk memutihkan badan atau wajah, biasanya kunyit di buat menjadi bubuk dulu. Dan bubuk kunyit tersebut yang akan di gunakan sebagai masker pemutih wajah. Buat yang ingin tahu bagaimana cara membuat bubuk kunyit untuk lulur atau masker, silahkan lihat panduannya di bawah ini.

Membuat masker kunyit cukup sederhana dan tentunya mudah. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut langkah-langkahnya.

1.    Bersihkan kunyit dengan air bersih
2.    Potonglah kunyit menjadi kecil kecil
3.    Kunyit yang telah di potong tersebut kemudian di jemur di terik matahari hingga kandungan airnya tidak ada lagi
4.    Setelah kunyit menjadi kering, kemudian  tumbuk hingga halus dan benar benar menjadi bubuk kunyit

Cara menggunakan masker dengan menggunakan kunyit, ada beberapa macam caranya. Dan salah satunya adalah dengan mencampur masker kunyit menggunakan campuran madu. Selain madu banyak bahan lain yang bisa di padukan dengan kunyit agar lebih maksimal dalam memutihkan wajah dan tubuh. Nah untuk penjelasan detailnya mengenai, penggunaan masker kunyit ini, berikut informasi selengkapnya.

Berbagai cara alami memutihkan wajah atau badan dengan menggunakan kunyit ( plus bahan lain)

  
1. Cara alami memutihkan wajah dengan masker kunyit dan mustard oil

Mustard yang biasa digunakan sebagai bahan saus bagisalad. Fungsinya adalahuntuk membantu untuk menghaluskan dan juga melembabkan kulit. Jika dicampurkan jadi satu dengan kunyit, maka mustard ini bisa digunakan sebagai masker wajah dan setelah itu dibiarkan mengering pada wajah anda, kemudian dibilas. Ramuan kunyit dengan mustard ini mampu mencerahkan wajah anda.

2. Cara alami memutihkan kulit wajah dengan kunyit serta susu bubuk

Cara memutihkan kulit secara alami yang satu ini terbilang simple. Itu karena susu bubuk putih merupakan bahan masker yang paling murah dan juga mudah diperoleh. Campurkan susu bubuk dengan serbuk kunyit kemudian ratakan pada kulit tubuh dan juga wajah. Lakukan hal ini secara teratur tiap hari dan hasilnya kulit akan lebih cerah serta halus.
Serbuk kunyit

3. Cara alami memutihkan kulitwajah dengan badan menggunakan kunyit dan madu

Caranya, campurkan 1 sendok makan bubuk kunyit dengan setengah sendok makan madu asli. Aduk keduanya hingga tampak seperti pasta, setelah itu aplikasikan dengan merata pada wajah. Biarkan dulu selama 15 menit sampai mengering dan kemudian bilaslah menggunakan air dingin.

4. Memutihkan wajah dengan cara alami menggunakan kunyit dan sandalwood

Caranya, campurkan sekitar 1 sekitar sendok makan bubuk kunyit dengan sekitar 1/4 bubuk sandalwood dan setelah itu aplikasikan pada kulit anda. Masker juga sekaligus dapat mengobati jerawat dan juga menghilangkan bekas jerawat yang susah di hilangkan..

5. Cara alami memutihkan wajah dengan kunyit serta air mawar

Caranya, campurkanlah kurang lebih satu sendok makan bubuk kunyit dengan sekitar 2 sendok makan air mawar. Aplikasikan pada kulit wajah anda dengan menggunakan kuas hingga merata. Lalu diamkan hingga beberapa saat dan dan buat anda serelaks mungkin. Memakai ramuan yang ini selain dapat mencerahkan kulit juga mampu membuat kulit anda  jadi lebih rileks.

6. Memutihkan wajah dengan scrub kunyit

Tips memutihkan wajah yang berikutnya adalah memanfaatkan kunyit sebagai scrub wajah, ini bukanlah hal yang sulit. Dengan melakukan crub kunyit dapat membantu untuk menghaluskan kulit anda serta membuang berbagai sel kulit mati. Caranya hanya dengan mencampurkan kunyit bubuk dengan oatmeal, setelah itu anda dapat mengaplikasikannya pada kulit sebagai scrub.

Nah di atas telah di jelaskan mengenai cara alami memutihkan wajah dengan menggunakan kunyit yang di padu dengan berbagai bahan alami lainnya. Selain brmanfaat untuk memutihkan kulit, ternyata kunyit juga mempunyai berbagai manfaat lainnya dalam dunia kecantikan. Misalnya kunyit di gunakan untuk mengobati jerawat, menekan minyak berlebih, menyamarkan kerutan/anti penuaan, dan bahkan kunyit juga bisa di gunakan untuk melindungi diri dari sengata sinar matahari.

Nah jika ingin tahu selengkapnya, silahkan baca di bawah ini.
  

Cara bikin lulur dari kunyit dan berbagai manfaatnya (selain untuk memutihkan)

 cara bikin lulur kunyit untuk memutihkan wajah

1. Menghilangkan jerawat di wajah dengan cepat

Manfaat kunyit satu ini dapat muncul di karenakan rempah tersebut mengandung senyawa antibakterial yang cukup tinggi. Kandungan antibakterial pada kunyit inilah yang akan membunuh kuman penyebab munculnya masalah jerawat.

Cara membuat masker kunyit untuk jerawat

Siapkan 1 sendok makan bubuk kunyit, 3 sendok makan perasan rempah kunyit, yoghurt, dan madu secukupnya.

Lalu campurkan semua bahan alami diatas menjadi satu. Usahakan adonan yang kamu buat berbentuk pasta kental.

Kemudian  oleskan masker alami tersebut secara merata keseluruh bagian wajah. Namun hindari pada bagian mata dan bibir.

Dan yang terakhir, diamkan selama 15 menit, jangan terlalu lama sebab kunyit mengandung bahan pewarna yang sulit hilang. Setelah berjalan 15 menit, berikutnya bilas masker kunyit tadi dengan menggunakan air hangat hingga benar-benar bersih.

2. Menghilangkan minyak berlebih pada wajah

Kunyit terbukti mampu meringkas pori kulit dan mengatasi sebum. Dengan demikian, rempah satu ini cukup efektif mengurangi kadar minyak berlebih. Agar hasilnya bisa maksimal, tambahkan jeruk nipis atau lemon kedalam masker wajah alami yang kamu buat.

Cara membuat masker kunyit buat wajah berminyak

Caranya, siapkan 3 sendok makan bubuk kunyit dan 4 sendok makan air perasan jeruk nipis/lemon.
Campurkan kedua bahan alami tersebut sampai merata dan membentuk pasta.
Bersihkan wajah dulu agar kotoran dan sisa keringat tidak menghambat penyerapan. Setelah itu oleskan masker ini secara merata keseluruh bagian wajah.

Usahakan, bagian hidung, pipi, dan dahi/jidat beri pijatan lembut. Sebab bagian itu yang sering menyebabkan munculnya minyak berlebih.

Setelah berselang 15 menit, bilaslah masker kunyit tersebut dengan cepat menggunakan air hangat hingga bersih.

3. Manfaat kunyit dalam mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan dalam kunyit di yakini sangatlah baik untuk membantu mencegah radikal bebas penyebab penuaan.

Cara membuat masker kunyit untuk mencegah penuaan dini:

Siapkan 2 sendok makan bubuk kunyit, 1 sendok tepung beras, 1 sendok susu tawar, dan 1 sendok jus tomat.
Semua bahan silahkan dicampur sampai membentuk pasta dengan kekentalannya yang pas.
Selanjutnya oles masker ke seluruh bagian wajah. Tapi, tepat pada bagian area dekat mata beri pijatan lembut, pada bagian inilah kerutan sering muncul.

Setelah itu diamkan masker selama 15 menit, dan bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

4. Kunyit dapat menyembuhkan kulit terik sinar matahari

Pigmentasi terjadi karena pengaruh sinar uv yang berlebih, adanya kondisi seperti ini di tandai dengan efek kulit seperti terbakar. Apabila dibiarkan, maka kulit akan semakin parah dan bahkan bisa memicu munculnya kanker kulit yang bisa saja mematikan.

Cara membuat masker kunyit untuk kulit yang terbakar matahari

Siapkan 3 sendok makan bubuk kunyit serta mentiun  secukupnya.
Haluskan buah timun serta kulitnya, lalu campurkan dengan bubuk kunyit hingga terbentuk pasta kental.
Lalu oleskan masker alami tersebut ke bagian kulit yang bermasalah. Tetapi jangan digosok karena akan menyebabkan luka baru.
Diamkan masker selama kurang lebih 15-30 menit, kemudian akhiri dengan membilas air dingin sampai bersih.


Nah itu dia di atas berbagai cara memutihkan wajah dengan bahan alami kunyit. Berikut penjelasan mendetail mengenai bahan apa saja yang di gunakan untuk membuat masker kunyit ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Back To Top