Laman

Trik Sehat

Blog yang berisi berbagai trik kesehatan bermanfaat buat banyak orang

Ciri-ciri, kandungan, serta manfaat jarak pagar buat mengatasi keputihan dan kesehatan lainnya


Ciri-ciri, kandungan, serta manfaat jarak pagar buat mengatasi keputihan dan kesehatan lainnya

Ciri-ciri dan kandungan jarak pagar - Jarak pagar sangat tidak asing dalam dunia pengobatan herbal. Karena berbagai keluhan penyakit di percaya dapat di obati dengan bantuaan tanaman jarak pagar ini. Nah, buat anda yang ingin lebih mengenal tanaman jarak pagar ini, misalnya ingin tahu cici-cirinya, kandungannya, manfaatnya buat kesehatan dan hal lainnya tentang jarak pagar, maka simak ulasannya di bawah ini

Kandungan tanaman jarak pagar


Biji jarak : minyak ricinic 40- 50 % dengan kandungan glyceride dari ricinoleic acid, isoricinoleic acid, oleic acid, linolenic acid, dan stearic acid. Juga mengandung ricinine, sejumlah kecil cytochrome c, lipase dan beberapa enzym. Disamping ricin d, dengan cara pemurnian bertingkat didapat acidic ricin dan basic ricin.

Daun jarak  : kaemferol-3-rutinoside, nicotiflorin, isoquercitrin, rutin, kaempferol, quercetin, astragalin, reynoutrin, ricinine, vit.c 275 mg %.

Minyak jarak : ricinoleic acid 80%, palmitic acid, stearic acid, linoleic acid, linolenic acid, dihydroxystearic acid, triricinolein 68,2%, diricinolein 28%, monoricinolein 2,9%, nonricinolein 0,9%.

Akar jarak : methyltrans-2-decene-4,6,8-triynoate, 1-tridecene-3,5,7,9,11-pentyne, beta-sitosterol.

Ciri-ciri tanaman jarak pagar


Ciri-ciri dari pohon jarak pagar ini memiliki batang pohon yang kokoh, batang kayunya berbentuk bulat dan terdapat banyak getah. Daun jarak tunggal, lebar, menjari, dan berlekuk – lekuk sebanyak 3 – 5 buah. Bunganya berumah satu dan uniseksual, kadang – kadang ditemukan bunga hermaprodit, yang berwarna kekuningan.

Sedangkan untuk buahnya berbentuk bulat halus, tidak berbulu, hampir mirip buah jambu, ketika muda warnanya berwarna hijau, dan berangsur-angsur berubah menjadi berwarna kuning kecoklatan ketika buah menjadi tua.

Daun
Daun tunggal, bertangkai panjang, tersusun berseling (alternate), saat muda berwarna ungu – setelah dewasa hijau tua, panjang 10 – 45 cm, lebar 20 – 45 cm, tepi bergerigi (serratus), pertulangan menjari (palmate), bercangap menjari, 5 – 7 cangap, permukaan mengkilat (nitidus).
Biasanya daun jarak berwarna hijau tua pada permukaan atas dan hijau muda pada bagian permukaan bawah.

Batang
Batang berbatang lunak, silindris, beruas, tegak, warna cokelat kebiru-biruan, bagian dalam berlubang, permukaan halus, percabangan simpodial, arah cabang miring ke atas.
Jarak memiliki batang berbentuk bulat licin, berongga, berbuku-buku jelas dengan tanda bekas tangkai daun yang lepas.

Bunga
Bunga majemuk, bentuk tandan (racemus), muncul di ujung batang (terminalis), kelopak berwarna hijau, mahkota berwarna merah muda kadang merah.

Akar
Tanaman jarak mempunyai akar tunggang

Buah dan biji
Buah kotak (capsula), belekuk tiga, berduri, panjang +/- 3 cm, buah muda berwarna hijau – setelah tua menjadi hitam, bentuk dengan biji lonjong – berwarna coklat berbintik hitam, berbuah setelah 2 – 3 tahun.

Jenis-jenis jarak pagar


Jenis-jenis tanaman jarak
Jarak pagar (jatropha curcas)
Jarak merah (jatropha gossypifolia)
Jarak tintir (jatropha multifida)
Jarak pagar (jatropha acerifolia)
Jarak hias (jatropha podagrica)
Jarak kepyar (ricinus communis)


Manfaat daun jarak



Manfaat daun jarak pagar dalam dunia kesehatan atau pengobatan herbal sudah bukan rahasia lagi. Berbagai jenis keluhan bisa di atasi dengan ramuan berbahan jarak pagar ini. Nah daripada penasaran berikut kami share berbagai manfaat daun jarak pagar.


Manfaat daun jarak pagar untuk kesehatan

1. Mengobati susah buang air besar

Daun jarak yang masih segar, kemudian kukus dan dapat dimakan sebagai lalapan pada makanan anda. Hal ini efektif sekali untuk melancarkan bab.

2. Menurunkan panas bayi

Caranya : 2 sampai 3 helai daun jarak yan sudah bersih. Kemudian olesi minyak makan yang masih baru. Panaskan daun diatas api kompor 2 menit sampai panas terasa merata. Letakkan daun pada perut dan punngung bayi atau agar tidak mudah lepas, dapat dipasangkan dalam gurita bayi

3. Bisa untuk mengobati kurap

Minyak jarak efektif mengobati kurap dan masalah kulit yang umum. Senyawa aktif yang disebut asam undesilenat ditemukan dalam minyak jarak, membantu mengobati kurap.

Caranya : cuci daun jarak dalam air dan rendam dalam minyak kelapa selama beberapa jam dan panaskan. Terapkan di atas kulit yang terkena dampak dan tutup dengan kain katun. Tunggu hingga semalaman, sebelum di buka. Ulangi prosedur ini sampai sembuh sepenuhnya.

4. Membuat besar alat vital pria

Cara penggunaan:

Ambil 10 lembar daun jarak
Sediakan 1 buah jeruk nipis.
Sediakan minyak zaitun secukupnya.
Tumbuk daun jarak bersama dengan buah jeruk nipis hingga menyatu
Lakukan pemijatan alat vital dengan minyak zaitun terlebih dahulu sehingga hangat.
Lakukan pemijatan dengan ramuan daun jarak yang telah di aduk halus dengan jeruk nipis.
Ramuan ini dapat dipakai untuk 3 kali pemijatan.

5. Mengobati rematik

Cara penggunaan :

Sediakan 5-8 lembar daun jarak
Tumbuk halus dicampurkan dengan air hangat (sedikit)
Oleskan pada lokasi rematik atau masalah kulit seperti exim
Lakukan 3 x sehari.

Selain berbagai manfaat di atas, jarak pagar juga ampuh untuk mengobati atau mengatasi keputihan. Berikut ulasannya

Cara mengatasi keputihan dengan jarak pagar


Sebelum memanfaatkan jarak pagar sebagai solusi mengatasi keputihan yang anda derita, sebaiknya lakukan langkah – langkah berikut ini.

1.    Usahakan vagina selalu kering agar terhindar dari bakteri dengan handuk bersih dan gantilah celana dalam 2 kali sehari.
2.    Tidak memakai pewangi dan bedak di vagina
3.    Sering mengganti pembalut
4.    Gunakan pembersih khusus yang tidak akan mengganggu ph vagina.
5.    Mengatasi keputihan dengan jarak pagar

Nah salah satu cara alami yang bisa anda gunakan untuk mengatasi keputihan adalah dengan jarak pagar. Karena getah jarak pagar mengandung saponin dan plavonoid yang memiliki sifat anti jamur. Dengan begini, maka jarak pagar bermanfaat untuk mengurangi jamur yang dapat menyebabkan keputihan pada vagina.

Cara penggunaannya adalah, siapkan daun jarak pagar 7 hingga 10 lembar. Jarak pagar tadi dibersihkan lalu ditumbuk hingga menjadi halus. Setelah halus, seduhlah daun jarak pagar tadi dengan menggunakan air panas dan biarkan hingga dingin. Setelah air seduhan tadi dingin, peraslah airlah dan gunakan air perasan tadi untuk membasuh vagina anda. Demikian  cara mengatasi keputihan dengan jarak pagar.

Nah itu dia berbagai ulasan mengenai, ciri-ciri tanaman jarak pagar, serta kandungan dan manfaat jarak pagar. Semoga bermanfaat



1 komentar:

Tintir-Gold Gold, platinum & titanium price per ounce - Tintir-Gold
Tintir Gold ford ecosport titanium is chi titanium flat iron a platinum-rated gold platinum-rated gold-rated platinum-rated platinum-rated gold-rated platinum-rated. This gold-rated everquest: titanium edition platinum gold $19.99 medical grade titanium earrings · ford fusion hybrid titanium ‎In stock

Back To Top