Laman

Trik Sehat

Blog yang berisi berbagai trik kesehatan bermanfaat buat banyak orang

Gejala, jenis, penyebab dan cara mengobati mata katarak

Mengobati mata katarak - Buat anda peduli terhadap kesehatan mata anda, dan tidak mau sampai terserang berbagai gangguan pada mata maka wajib menjaga mata anda dari sedini mungkin. Salah satunya lindungi mata anda dari penyakit katarak. Oke langsung saja bagi yang membutuhkan informasi seputar penyakit katarak bisa membaca ulasan kami berikut ini. Tentang ciri-ciri atau gejala penyakit katarak, jenis-jenis penyakit katarak, penyebab penyakit katarak pada orang tua, maupun penyebab katarak yang terjadi pada balita atau bayi. Sekaligus tentunya cara mengobati katarak.

Gejala, jenis, penyebab dan cara mengobati mata katarak

Gejala dan ciri-ciri penyakit katarak


1. Seperti ada lukisan pada mata

Biasanya pada tahap awal, ciri ciri mata katarak terbentuk dalam ukuran yang kecil. Namun saat itu biasanya pandangan mata sedikit kabur. Dan jika dibiarkan dalam waktu yang lama maka pandangan kabur,  terlihat awan di mata serta gelap. Lensa mata mengalami perubahan warna dan beberapa orang sering melihat lensa mata jadi tidak fokus. Hal ini terjadi karena mata tidak dapat memandang sebuah objek secara fokus.

2. Terbentuk lapisan kuning atau coklat

Pada gejala mata katarak berikunya mata yang terkena katarak terlihat lebih kuning atau bahkan coklat. Kondisi ini menyebabkan penderita katarak tidak bisa melihat secara jelas saat malam hari tiba. Pada saat tertentu maka mata juga tidak akan sangat peka terhadap cahaya lampu.

3. Mata akan silau

Biasanya mata yang terkena katarak tidak tahan terhadap cahaya, baik cahaya lampu maupun cahaya matahari. Orang yang terkena katarak biasanya akan merasa sangat sakit bila terkena cahaya atau lampu. Pada kondisi ini sebenarnya katarak belum terlalu parah dan bisa diobati dengan beberapa metode. Meskipun metode ini hanya untuk mencegah agar katarak tidak bertambah parah.

4. Mata sepert melihat cincin pada sumber cahaya

Apabila mata sudah melihat ada banyak cincin di sumber cahaya, maka itu adalah pertanda mata yang terkena katarak. Kondisi ini disebabkan karena cahaya yang masuk ke bagian mata menghasilkan difraksi sehingga pantulan yang berasal dari cahaya menyerupai cincin pada bagian sumber cahaya. Penderita katarak dengan ciri ini biasanya ditemukan karena beberapa gangguan lain seperti diabetes, glaukoma, dan stroke.

5. Biasanya pandangan mata akan kabur

Orang yang terkena katarak biasanya merasakan pandangan kabur yang terlihat seperti gangguan mata minus atau gangguan lain. Pada awalnya gejala ini bisa diatasi setelah memakai kacamata, tapi tidak bisa bertahan dalam waktu yang lama. Pandangan mata akan tetap kabur dan tidak bisa diatasi dengan kaca mata.

6. Gejala katarak berikunya pandangan mata menjadi kuning

Semua orang yang terkena ciri ciri mata katarak akan merasa beberapa bayangan yang tertangkap lensa mata memiliki warna kuning. Beberapa orang katarak pada awalnya akan melihat warna televisi atau layar komputer mengalami perubahan. Pada dasarnya hal ini disebabkan karena cahaya yang masuk ke lensa menyebabkan semua warna tidak tertangkap dengan baik.

7. Ciri-ciri berikutnya gambar seperti  ganda

Semua orang yang terkena katarak akan melihat bahwa semua objek pandangan menjadi dua atau ganda. Kondisi difraksi yang terjadi pada bagian lensa menyebabkan pandangan mata tidak terlihat dalam ukuran dan bentuk yang sebenarnya. Pengujian ini bisa dilakukan dengan menutup salah satu mata secara bergantian, jika kondisinya tetap sama maka kemungkinan besar itu adalah gejala awal pada mata.

Biasanya mata yang terkena katarak tidak tahan terhadap cahaya, baik cahaya lampu maupun cahaya matahari. Orang yang terkena katarak biasanya akan merasa sangat sakit bila terkena cahaya atau lampu. Pada kondisi ini sebenarnya katarak belum terlalu parah dan bisa diobati dengan beberapa metode. Meskipun metode ini hanya untuk mencegah agar katarak tidak bertambah parah.


Jenis-jenis penyakit mata katarak yang sebaiknya anda ketahui


Nuclear cataract
Katarak ini menyerang pusat atau bagian tengah lensa, penderitanya bisa saja merasa bahwa kesanggupan mereka dalam membaca tampaknya membaik. Namun sebenarnya perlahan-lahan katarak mulai menciptakan lapisan buram pada lensa, sehingga lensa tampak kuning-kecokelatan dan akhirnya memengaruhi kapasitas seseorang untuk melihat warna.

Cortical cataract
Katarak ini menyerang tepian luar (korteks) lensa dan membentuk lapisan putih berbentuk kerucut yang berkembang menuju pusat lensa, penderitanya juga cenderung merasa silau.

Posterior subcapsular cataracts
Katarak ini menimpa bagian belakang lensa dan menghalangi jalur masuknya cahaya menuju retina. Lapisan katarak mulanya kecil dan terlihat buram, ini memengaruhi penglihatan saat sedang membaca maupun berada di ruangan yang terang.

Congenital cataracts—katarak ini menimpa bayi yang baru lahir, ini bisa disebabkan karena infeksi yang diderita ibu hamil. Hal ini juga dikaitkan dengan penyakit multisistemik (myotonic dystrophy), gangguan metabolisme (galaktosemia), sindrom lowe atau rubbella.


Pemeriksaan yang harus dilakukan untuk mengecek apakah terkena katarak atau tidak


Visual acuity test
Pemeriksaan dilakukan dengan bantuan papan huruf, pasien akan di minta untuk menutup sebelah matanya dan membaca huruf yang semakin kecil.

Slit lamp examination
Pemeriksaan dilakukan dengan bantuan cahaya (slit lamp) dan semacam alat pembesar (magnification). Alat-alat tersebut membantu dokter untuk mendeteksi adanya benda kecil yang kelihatannya tidak normal pada kornea, iris, lensa ,dan ruangan diantaranya.

Retinal examination—pemeriksaan dilakukan dengan pemberian obat tetes mata yang berfungsi membesarkan pupil mata. Terkadang peralatan lain seperti ophthalmoscope juga dibutuhkan dalam memeriksa katarak.

Cara yang efektif dalam menangani semua jenis katarak adalah operasi pengangkatan lapisan katarak, namun beberapa orang ragu terhadap efek samping setelahnya. Ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter mata anda, guna memastikan prosedur yang tepat.

Tapi, ingatlah jika katarak anda mengganggu aktifitas sehari-hari yang biasa dilakukan, bahkan membahayakan anda selama mengemudi—ada baiknya untuk melakukan operasi tersebut! Menurut catatan dalam mayo clinic, menyebutkan bahwa operasi pengangkatan katarak biasanya tidak membahayakan mata, walaupun masih beresiko!

Menunda tindakan operasi tidak selalu berdampak baik, ingatlah bahwa katarak merampas penglihatan anda secara perlahan. Semakin lama anda menanganinya, semakin berkurang kemampuan penglihatan anda. Lalu kapan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter? Itu bergantung pada kondisi yang anda alami.

Penyebab munculnya penyakit katarak


Penyebab mata katarak. Mata merupakan jendela dalam melihat isi dunia. Walaupun, terkadang anda tidak pernah menyadari tentang pentingnya funsgi mata hingga anda mengalami gangguan kesehatan mata tersebut tiba.

Ada banyak sekali masalah yang bisa mempengaruhi kualitas penglihatan, salah satu masalah tersebut, dan yang paling umum adalah keluhan katarak. Katarak ini terjadi ketika protein yang di dalam mata menghalangi pandangan anda. Bahkan katarak dapat menjadi  penyebab umum dari kondisi kebutaan.

Penyebab mata katarak

Penyebab mata katarak yang pertama adalah karena usia
Usia adalah salah satu penyebab utama munculnya katarak. Protein lensa anda akan semakin menurun ketika usia anda bertambah. Selain faktor tersebut, faktor lingkungan juga dapat menyebabkan katarak.

Penyebab katarak karena trauma
Trauma akan mengakibatkan pembengkakan, penebalan, dan munculnya warna putih di serat lensa. Warna putih yang terbentuk pada akhirnya dapat menyebabkan katarak.

Penyebab katarak oleh genetika
Genetika juga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya kataraka. Sebab kelainan kromosom mampu mempengaruhi kualitas lensa mata anda.

Penyebab katarak karena penyakit kulit
Beberapa penyakit kulit tertentu mampu mempengaruhi kesehatan lensa mata anda sepertii dermatitis atopik, ichthyosis, pemfigus, dan eksim.

Penyebab katarak karena infeksi
Jenis infeksi tertentu seperti kusta, toksoplasmosis, dan cysticercosis dapat memicu timbulnya katarak. Oleh karena itu apabila anda mengalaminya, sebaiknya segera obati penyakit tersebut sebelum infeksi penyakit ini menyebar.

Penyebab katarak karena diabetes
Diabetes kerap kali dituding menjadi penyakit yang dapat menyebabkan katarak. Sebab enzim aldosa reduktase yang ada di dalam tubuh penderita diabetes mampu memicu timbulnya penyakit katarak.

Penyebab katarak karena penggunaan obat tertentu
Ada beberapa jenis obat tertentu yang mampu mempengaruhi penglihatan mata anda. Obat-obatan seperti kortikosteroid terbukti mampu menyebabkan timbulnya katarak.


Penyebab katarak pada bayi, balita dan anak-anak



Penyebab katarak pada bayi. Pakar kesehatan mata dari klinik mata anak balai kesehatan mata masyarakat, yaitu dr. Totok menyatakan infeksi dalam kandungan menjadi salah satu penyebab dari katarak pada sejumlah anak atau balita.

Ia menjelaskan, bahwwa penyebab katarak yang di alami kebanyakan pasien anak serta orang dewasa berbeda, pada orang dewasa lebih banyak di akibatkan faktor usia, sementara anak di dominasi akibat infeksi saat di kandungan.

Cara mengobati katarak

Cara mengobati katarak dengan bahan alami. Penyakit ini sering menyerang orang saat sudah berusia lebih dari 40 tahunan. Ketika awal terjadinya katarak lensa mata hanya terpengaruh sedikit dan yang terjadi biasanya tidak di rasakan oleh penderitanya.
Berikut ini adalah berbagai cara mengobati katarak dengan bahan-bahan alami.
1. Mengatasi katarak dengan jalan operasi katarak
Saat  katarak sudah sangat parah dan memburuk maka tindakan yang tepat adalah melakukan operasi katarak. Tindakan operasi ini pastinya dilakukan oleh para dokter spesialis mata . Operasi katarak biasanya dapat  mengembalikan penglihatan hingga benar-benar pulih sepert semula. Operasi dilakukan untuk dapat menghilangkan lapisan kabut di bagian lensa mata. Selama prosedur operasi, biasanya bius akan diberikan pada pasien agar merasa nyaman serta tidak terasa sakit sama sekali. Prosedur tersebut juga hanya membutuhkan rawat jalan, sehingga tentunya pasien tidak perlu lagi menginap di rumah sakit.
2. Mengatasi mata katarak dengan menggunakan kacamata
Pada awal terjadinya katarak biasanya dokter menyarankan menggunakan kacamata. Kacamata sangat berguna untuk katarak pada tahap awal karena membantu lensa mata bekerja lebih baik. Kacamata membantu lensa dapat melihat lebih baik. Kacamata membantu meringankan kerja lensa mata sehingga mata bisa bekerja baik. Kacamata juga membantu meningkatkan ukuran objek yang di tangkap oleh lensa mata. Bahkan kacamata dapat membantu lensa mata ketika menangkap cahaya yang silau.
3. Mengobati penyakit katarak dengan bawang putih
Ketika sudah terkena katarak, maka tidakan untuk bisa mencegah atau mengobati wajib dilakukan agar katarak tidak menjadi buruk. Mengkonsumsi bawang putih  bisa menjadi langkah yang tepat untuk dilakukan oleh semua orang dalam menyembuhkan katarak. Namun pengobatan ini sepertinya tidak bisa bekerja saat katarak sudah sangat parah. Bawang putih mengandung sulfur serta glukosinates yang dapat digunakan menjadi bahan antioksidan serta melawan berbagai radikal bebas.
Radikal bebas ini dapat disebabkan karena makanan yang mengandung bahan pengawet, sinar matahari atau sinar komputer dan gadget. Bawang putih bisa membersihkan lensa mata dari kabut yang menyebabkan katarak. Untuk pengobatan anda bisa makan dua atau tiga siung per hari.
4. Makan sayur bayam untuk mengobati mata katarak
Sayuran bayam sering menjadi sayuran yang sangat favorit untuk anak-anak dan orang tua. Bayam adalah sayuran hijau yang sangat penuh dengan manfaat terutama untuk menjaga kesehatan mata. Bayam akan mengembalikan kesehatan makula mata dan menghapuskan bayangan yang sering menyebabkan katarak.
5. Mengobati mata katarak dengan minum jus lemon serta minyak zaitun
Jus lemon termasuk jenis jus yang dapat membantu menjaga kesehatan mata. Jus lemon mengandung vitamin c dan vitamin a yang akan menjaga makula mata. Anda bisa minum segelas jus lemon setiap hari. Jika perlu tambahkan satu sendok teh minyak zaitun. Jus lemon dan minyak zaitun mengandung bahan antioksidan yang akan menjaga agar katarak tidak memburuk. Namun perawatan ini memang tidak bisa dilakukan jika katarak sudah parah dan harus dilakukan tindakan operasi bedah katarak.
6. Mengatasi mata katarak dengan minum susu almond
Susu almond memang salah satu jenis susu yang sangat terkenal saat ini. Susu yang terbuat dari kacang almond ini mengandung sejumlah nutrisi penting untuk mata. Susu almond mengandung vitamin a, vitamin e dan bahan mineral seperti magnesium serta fosfor. Konsumsi susu almond akan meningkatkan kekebalan tubuh. Beberapa orang percaya jika meneteskan susu almond ke mata bisa membantu mengatasi katarak lebih cepat.
7. Minum jus wheatgrass untuk mengobati mata katarak
Saat ini minuman jus wheatgrass juga menjadi minuman favorit untuk menjaga kesehatan. Selain membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, maka jus ini penting untuk menjaga kesehatan mata. Tanaman wheatgrass bisa dikonsumsi selama beberapa kali hingga tanaman ini  benar-benar sudah tidak tumbuh. Jus yang dihasilkan mengandung vitamin a dan vitamin e. Bahan-bahan ini bisa menjadi sumber antioksidan yang akan membantu menghilangkan kabut pada lensa mata. Jika anda tidak menemukan bibit wheatgrass alami maka anda juga bisa mengkonsumsi suplemen yang terbuat dari bahan wheatgrass.
8. Minum segelas teh hijau untuk mengatasi katarak yang menyiksa
Teh hijau dipercaya sebagai salah satu minuman yang sangat menyehatkan untuk tubuh. Namun ternyata teh hijau juga memberikan manfaat yang sangat khusus untuk bagian mata. Teh hijau bisa mengatasi berbagai keluhan dengan kesehatan mata. Teh hijau mengandung bahan yang penuh dengan sumber antioksidan. Katekin dan polifenol yang akan meningkatkan kesehatan mata. Teh hijau akan menghilangkan kabut yang bisa membantu mengatasi katarak. Karena itu bahan-bahan antioksidan ini penting untuk menyerang radikal bebas dalam mata yang menyebabkan katarak.
9. Atasi katarak dengan minum jus bilberry
Bilberry termasuk buah yang kaya dengan kandungan bahan antioksidan. Bilberry mengandung bahan antosianin yang bisa mencegah kerusakan pada bagian lensa dan retina mata. Karena itu jus buah bilberry penting untuk menjaga agar kesehatan mata lebih baik, termasuk untuk penderita katarak. 
10. Makan pepaya untuk mengatasi katarak
Buah pepaya juga penting untuk menjaga agar katarak tidak menjadi lebih buruk dan menjadi cara mengobati katarak secara alami. Pepaya bisa mencegah penumpukan protein dalam mata yang bisa menyebabkan katarak. Pepaya akan meningkatkan sistem metabolisme tubuh karena biasanya penderita katarak tidak bisa melakukan sintesa protein dengan baik. Protein yang berlebihan dalam tubuh akan meningkatkan kabut dalam makula dan menyebabkan katarak yang lebih buruk. Makan pepaya juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan seperti untuk bagian pencernaan.
11. Pengobatan mata katarak dengan jus stroberi
Orang yang menderita katarak harusnya lebih banyak minum atau makan bahan dari golongan buah beri. Seperti minum jus stroberi tanpa tambahan gula atau jenis sirup lain. Buah stroberi mengandung beberapa bahan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata seperti asam elagik, fenolik, vitamin c, vitamin a dan beberapa bahan flavonoid. Beberapa jenis bahan ini sangat penting untuk melindungi mata dari katarak dan kerusakan akibat bahan radikal bebas. Orang lanjut usia sebaiknya lebih sering minum jus stroberi jika sudah mengalami beberapa gejala katarak.
12. Obati katarak dengan makan ikan berlemak  yang sehat
Beberapa jenis ikan yang mengandung banyak lemak sehat sangat penting untuk penderita katarak. Beberapa jenis ikan yang sangat disarankan seperti ikan salmon, ikan tuna dan ikan makarel. Jenis ikan ini mengandung bahan asam lemak omega 3 yang bisa melawan radikal bebas yang menyebabkan katarak. Bahkan mengkonsumsi ikan berlemak dan mengandung minyak sehat ini penting untuk melindungi makula mata. Jika orang tua menjalani diet tertentu berkaitan dengan penyakit komplikasi maka ikan berlemak ini bisa dikonsumsi dalam bentuk suplemen. Namun perhatikan untuk meminta resep berhubungan dengan dosis yang disarankan.
13. Makanlah brokoli setiap hari agar mata katarak cepat sembuh
Mengkonsumsi brokoli juga sangat menyehatkan untuk mata. Brokoli mengandung beberapa zat yang penting untuk menghambat katarak dan menyembuhkan katarak secara alami. Beberapa nutrisi ini adalah seperti beta karoten, zeaxanthin, vitamin a, fosfor, vitamin c, vitamin e dan vitamin b. Berbagai nutrisi ini penting untuk mencegah kerusakan pada bagian makula. Bahkan zat ini penting untuk melindungi mata agar tidak terkena radiasi.
14. Katarak dapat di atasi dengan jus wortel
Minum jus wortel atau memasukkan sayuran wortel dalam masakan, juga bisa membantu menjaga katarak agar tidak lebih buruk. Mengkonsumsi jusn wortel secara rutin juga sangat penting untuk menjaga agar mata menjadi lebih sehat. Wortel mengandung beberapa nutrisi seperti beta karoten, vitamin a dan vitamin c. Zat ini sangat penting untuk menjaga agar katarak menipis secara alami. Bahkan minum jus wortel bisa membantu agar tubuh anda menjadi lebih sehat.
15. Mengobati katarak dengan mengurangi konsumsi manis atau gula
Penderita katarak juga harus mengurangi kebiasaan minum dan mengkonsumsi makanan yang terlalu manis. Makanan yang manis mengandung gula putih atau gula buatan bisa menjadi sumber penyebab katarak. Terlebih untuk penderita diabetes yang sudah mengalami pandangan mata kabur. Kandungan gula dan berbagai bahan pemanis bisa menghancurkan kemampuan glutathione dan vitamin c yang berada di bagian lensa. Jadi kurangi gula untuk menghambat katarak agar tidak menjadi lebih buruk.
16. Minum banyak air mineral bisa membantu menyembuhkan katarak
Kebiasaan minum cukup air mineral juga sangat baik untuk mengobati katarak. Sekali lagi ini adalah perawatan yang sangat alami sehingga khasiatnya tidak akan langsung terasa. Minum yang cukup akan membuat aliran darah dalam tubuh menjadi lebih baik. Bahkan air membantu melarutkan semua racun dan bahan-bahan yang bisa menyebabkan kerusakan pada bagian mata. Bahkan air mineral bisa membuat nutrisi ke bagian lensa dan lapisan makula terpenuhi sehingga menghancurkan katarak.
17. Mengobati mata katarak dengan jus jambu merah
Jus jambu merah selain memiliki rasa yang manis dan aroma yang kuat juga bisa membantu mengobati penyakit katarak. Jambu merah mengandung vitamin c yang cukup tinggi. Bahkan kandungan vitamin c ini penting untuk mengurangi katarak karena menjadi sumber antioksidan. Bahan-bahan antioksidan bisa membantu mengurangi kerusakan mata akibat bahan radikal bebas.
18. Atasi mata katarak dengan makan buah kiwi
Banyak orang yang tidak mau makan buah kiwi karena buah kiwi memiliki tekstur rasa yang aneh dan rasanya yang asam. Namun buah kiwi bisa menjaga kesehatan mata dan mengurangi resiko katarak. Buah kiwi mengandung bahan seperti vitamin c dan karotenoid yang bisa menjaga kesehatan mata dan kesehatan tubuh secara umum. Bahan-bahan antioksidan yang sangat kuat ini penting untuk menjaga mata dari peradangan.
Demikian di atas telah dikupas secara mendalam mengenai informasi seputar penyakit mata katarak. Semoga bermanfaat.


Back To Top