Laman

Trik Sehat

Blog yang berisi berbagai trik kesehatan bermanfaat buat banyak orang

Mengobati hidung tersumbat dengan cepat dan mudah

Cara mengobati hidung tersumbat – Memang sangat menjengkelkan jika sedang mengalami keluhan hidung tersumbat. Terlebih jika hal itu terjadi di tengah rutinitas kesibukan kita, di tengah-tengah orang banyak atau teman kerja kita. Sangat risih bukan,?

Mengobati hidung tersumbat dengan cepat dan mudah


Keluhan hidung tersumbat ini bisa terjadi pada siapa saja. Entah itu pada orang tua, pada bayi, pada ibu hamil, dan lain sebagainya. Semua orang tidak tertutup kemungkinan terserang keluhan ini.

Lantas bagaimana cara pengobatan hidung tersumbat yang benar? Nah langsung saja simak ulasan tentang cara mengobati hidung tersumbat di bawah ini.

Mengobati hidung tersumbat pada orang dewasa


Mengonsumsi makanan pedas
Cobalah mengonsumsi makanan pedas apabila hidung tersumbat oleh ingus yang kental dan susah dikeluarkan. Makanan pedas tersebut dapat merangsang perlendiran sehingga akan membuat ingus anda lebih encer dan mudah dikeluarkan. Wedang jahe atau sup ayam hangat dan pedas dapat anda coba konsumsi.

Menghirup uap air yang panas
Uap air panas dapat mengatasi hidung tersumbat dan juga membantu anda untuk bernafas lebih lega. Anda dapat menggunakan uap air panas sesuai kebutuhan.

Kompres dengan air hangat
Cobalah berbaring santai kemudian kompres hidung anda menggunakan handuk kecil yang sudah dicelupkan kedalam air hangat. Apabila kain sudah dingin basahi lagi dengan air hangat, terapkan cara ini berulang kali sampai anda merasakan manfaatnya.

Menggunakan inhaler, balsem, atau minyak angin
Cara ini cukup simple namun sangat ampuh untuk menghilangkan hidung tersumbat. Anda cukup menghirup inhaler, balsem, maupun minyak angin. Selain dengan cara menghirupnya, anda juga dapat mengoleskan balsem atau minyak angin di sekitar leher.

Minum banyak cairan.
Cairan dapat membantu mengencerkan lendir dan mungkin bisa mencegah sinus tersumbat. Selain itu, mengonsumsi banyak cairan juga bisa menjaga tenggorokan tetap lembap.

Sering buang ingus.
Sangat penting untuk melakukan hal ini secara teratur jika hidung anda tersumbat, namun lakukan secara tepat. Mengeluarkan ingus dengan tekanan yang terlalu keras bisa membawa kuman kembali ke telinga anda. Cara terbaik membuang ingus adalah menutup aliran udara dengan jari di satu lubang hidung ketika anda membuang ingus dengan lubang satunya.

Cuci hidung dengan air garam.
Selain bisa melegakan hidung tersumbat, metode ini juga bisa menghilangkan virus dan bakteri yang berada di dalam hidung. Anda bisa membuat larutan air garam di rumah. Bahan-bahannya adalah tiga sendok teh garam dan satu sendok teh baking soda. Aduk rata kedua bahan ini, lalu simpan di wadah yang kedap udara. Untuk membuat larutannya, ambil satu sendok teh campuran tersebut, lalu masukkan ke 230 ml air hangat.

Konsumsi minuman panas.
Minuman panas bisa meredakan hidung tersumbat, menenangkan selaput yang meradang serta mencegah dehidrasi. Minuman panas yang bisa anda coba adalah teh herba yang dicampurkan dengan satu sendok teh madu. Langkah ini sangat membantu pada saat anda kesulitan bernapas ketika tidur di malam hari.

Tidur dengan bantal ekstra.
Cara ini mungkin bisa membantu menjadikan tidur anda lebih nyenyak. Tidur dengan dua bantal di bawah kepala bisa membantu meringankan hidung tersumbat.

Nah di atas adalah beberapa cara mengatasi hidung tersumbat pada orang dewasa. Lantas, bagaimana untuk ibu hamil? Apakah cara mengobati hidung tersumbat pada ibu hamil juga demikian? Berikut jawabannya.

Tips mengobati hidung tersumbat saat hamil


Berkumur dengan garam
Berkumurlah dengan air hangat yang dicampur dengan garam. Cara ini bisa mencairkan lendir dan membuka sumbatan pada hidung anda.

Minum banyak air putih
Minum air putih agar anda terhindar dari dehidrasi dan meringankan saluran hidung yang teriritasi dan mencegah penyumbatan sinus. Minumlah air hangat untuk mengeluarkan racun dari tubuh dan melegakan hidung tersumbat.

Penguapan
Menghirup uap air panas dapat meringankan peradangan dan mengatasi hidung tersumbat.
Mengonsumsi minuman dan makanan hangat

Atur posisi tidur
Atur posisi tidur anda dengan kepala agak tinggi untuk mencegah sesak napas dan mengurangi nyeri ulu hati.

Mandi dan kompres dengan air hangat
Untuk melegakan napas, anda bisa mandi dengan air hangat atau letakkan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat ke wajah, lalu tarik napas dalam.
Jaga kelembaban udara ruangan

Gunakan pelembab ruangan (humidifier) untuk menjaga kelembaban udara di rumah anda. Rajinlah untuk mengganti air dan membersihkan penyaring udara agar bebas dari kuman atau bakteri.
Menghirup inhaler, balsem, atau minyak kayu putih

Sering-seringlah menghirup inhaler, balsem, atau minyak kayu putih yang mengandung mentol untuk melegakan hidung tersumbat. Anda pun bisa mengoleskan pada bawah hidung atau daerah leher.

Rajin berolahraga ringan
Hidung tersumbat dapat diredakan dengan rajin berolahraga ringan, seperti jalan kaki, yoga, senam.

Hindari polusi udara
Hindari sumber polusi udara, seperti asap kendaraan, rokok, pabrik, alkohol, bau cat atau bahan kimia, dll. Beberapa polusi tersebut dapat memperparah iritasi pada hidung.


Mengonsumsi makanan pedas
Mengonsumsi makanan pedas dapat mencairkan lendir dan mudah dikeluarkan. Napas anda pun menjadi lega.


Cara mengobati hidung tersumbat pada bayi dengan aman dan mudah


Manfaatkan bahan alami

Untuk bayi umur sekitar 7 bulan, bisa dengan memanfaatkan kencur, diparut dan diambil sarinya dan diminumkan untuk si bayi dengan dosis 1 sendok teh. Atau untuk pilek dengan kunyit. Ini juga berlaku untuk batuk.

Usahakan jauhi obat antibiotik

Bagi bayi usia 1-4 tahun, sering sakit, batuk, pilek, radang dan lain-lain sebenarnya tubuh bayi dalam proses membangun sistem antibody. Jadi, bagi sobat yang sudah menjadi ayah dan bunda, jangan kaget. Terapkan pengobatan alami dan jangan bergantung obat antibiotic. Memang hasil obat antibiotik lebih cepat, tetapi ingat, kasihan bayi terutama organ-organ dalam seperti ginjal harus memproses obat berat.

Coba terapkan gaya hidup sehat dengan memberikan makanan sehat dan bergizi. Bagi bayi yang masih menyusui, berarti bundanya harus konsumsi makanan sehat dan bergizi agar bayinya sehat, bukan fastfood, junkfood dan sejenisnya.


Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi karena flu


Kenali gejala-gejala awal bayi yang mengalami hidung tersumbat. Seperti bayi kesulitan tidur, rewel, dan terlihat kesulitan bernafas. Kemudian hidung bayi biasanya tampak berlendir atau beringus. Di antara sobat yang sudah menjadi bunda harus tahu cara tepat mengatasi hidung bayi yang tersumbat. Di antara dengan cara berikut:

Hangatkan tubuh bayi anda

Beri kehangatan kepada bayi baik dengan didekap dengan kasih sayang, diberi selimut, menggendongnya di luar sekitar rumah agar terkena sinar matahari pagi dan bisa juga dengan memandikannya dengan air hangat. Di samping itu, matikan ac, kipas angin serta oleskan minyak telon disertai pijatan lembut di perut bayi, punggungnya serta dada.

Penguapan alami

Cara ini juga dikenal dengan inhalasi atau juga dikenal terapi uap dengan memberikan uap dari air panas yang terlebih dahulu ditetesi minyak telon. Bisa juga dengan magiccom, biarkan bayi menghirup uang hangat yang keluar dari magic com. Menghirup uap dari air hangat tersebut membantu bayi melegakan hidung yang sedang tersumbat. Caranya, atur posisi bayi telungkup sedemikian rupa dengan menggendongnya erat-erat dan dekatkan hidungnya ke arah uap yang keluar. Cara ini harus ekstra hati-hati

Pijat lembut hidung bayi

Pijat secara lembut tepat di hidung bagian atas bayi dengan sedikit olesan minyak telon. Cara tersebut membantu mengeluarkan lender dalam hidung yang menghalangi pernafasan. Pijatan tersebut usahakan dilengkapi sapu tangan lembut dan cotton bud lembab. Ingat, hati-hati dan harus benar-benar dengan cara lembut.

Mengatur posisi tidur bayi.

Cara ini juga membantu melegakan sistem pernafasan bayi yang sedang tersumbat. Miringkan posisi badan bayi ke kiri jika hidung yang tersumbat adalah hidung sebelah kanan dan sebaliknya miringkan posisi tidur bayi ke kanan jika hidung kiri bayi tersumbat.

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi


Selain cara-cara di atas, masih ada 6 cara lain tapi 6 cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi tersebut harus benar-benar didampingi atau dikonsultasikan dengan orang yang sudah berpengalaman untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Yaitu:

Menyedot cairan lendir (ingus)

Cara ini bisa dilakukan dengan alat khsus penyedot ingus bayi yang banyak tersedia di apotek seperti chicco, pigeon dan dreambaby. Tapi, penggunaan alat-alat tersebut harus hati-hati mengingat kulit bayi masih sangat sensitif dan rentan iritasi.

Teteskan nacl ke hidung bayi

Nacl juga dikenal larutan garam murni atau bisa juga menggunakan obat tetes nacl fisiologis 0,9% (20 ml) yang banyak tersedia di apotek misalnya breathy. Obat tets tersebut teteskan pelan-pelan ke dalam hidung bayi agar selaput dalam pernafasan semakin lembut, mengatasi sumbatan pada hidung dan membuat ingus lebih encer.


Nah itu dia berbagai cara mengobati flu yang bisa anda coba. Selamat mencoba

Back To Top