Laman

Trik Sehat

Blog yang berisi berbagai trik kesehatan bermanfaat buat banyak orang

Mengobati Mata Bengkak dengan Mudah, Cepat dan Alami

cara mengobati mata bengkak dengan cepat dan mudah
Walaupun mata bengkak bukanlah suatu jenis penyakit yang serius, tentunya hal tersebut tetaplah keluhan yang tidak bisa di anggap sepele. Karena selain sakit rasanya, tentunya juga membuat penampilan kita berubah menjadi tidak nyaman di lihat. Ada banyak sekali penyebab mata bengkak ini, dan banyak cara untuk menyembuhkannya.
Nah buat Anda yang ingin mencari informasi bagaimana cara menyembuhkan mata bengkak, serta ingin tahu penyebab mata bengkak secara lengkap. Maka silahkan simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Penyebab mata bengkak secara umum

Menangis yang berlebihan.
Biasanya yang menangis dalam waktu yang lama akan membuat mata bengkak. Hal itu karena adanya retensi cairan pada kelenjar mata di sekitar kelopak mata.
Kurangnya waktu  tidur.
Waktu tidur yang singkat karena banyaknya pekerjaan yang menumpuk atau hanya sekedar begadang dalam jangka waktu lama akan menyebabkan kelelahan pada mata, dan hal ini dapat menyebabkan mata membengkak.
Faktor genetik.
Pernah melihat seseorang yang matanya terlihat bengkak walaupun dia tidak sedang menangis ataupun tidak sedang kekurangan tidur? Mungkin orang tersebut mempunyai bentuk mata yang demikian karena faktor genetik atau keturunan.
Diet yang terlalu ekstrim.
Konsumsi makanan yang tinggi kandungan garamnya akan membuat tubuh menahan banyak cairan dan hal itu membuat mata bengkak.
Karena faktor usia.
Seiring dengan bertambahnya usia maka kulit tipis di sekitar mata akan kehilangan elastisitasnya dan aakan menggantung sehingga terlihat seperti membangkak.
Perubahan hormon ketik menstruasi
Perubahan hormon yang terjadi selama menstruasi dan kehamilan dapat memicu timbulnya mata bengkak. Begitu juga dengan menopause akan menyebabkan retensi cairan di jaringan subkutan di bawah mata.
Cedera
Cedera pada daerah mata akan membuat mata menjadi lebam. Hal ini tentu dapat membuat kelopak mata terlihat menjadi bengkak.
Gigitan serangga di sekitar mata.
Serangga dapat meninggalkan bekas bentol setelah menggigit tubuh kita. Jika hal tersebut terjadi didaerah mata, tentu membuat mata menjadi membengkak.
Alergi terhadap obat.
alergi dengan beberapa jenis obat tertentu akan membuat kulit seperti lebab dan bintik bintik merah yang juga akan mempengaruhi mata sehingga mata menjadi membengkak.
cara mengobati mata bengkak karena alergi

Cara mengobati mata bengkak sebelah


1. Mata bengkak sebelah – tidak terasa sakit
Jika mata bengkak sebelah saat bangun dari tidur namun tidak ada radang (rasa sakit pada area yang bengkak) kemungkinan karena terjadi penumpukan cairan pada kelopak mata karena Anda kelelahan bisa juga karena kandungan garam pada tubuh yang menahan cairan di area mata.
Cara menyembuhkannya cukup banyak istirahat serta kompres dengan air dingin selama beberapa menit, nanti secara perlahan akan mengempes.

2. Mata bengkak sebelah - terasa sakit
Kasus ini cukup menghawatirkan karena bisa jadi karena infeksi. Ada kasus seseorang bertanya pada dokter dengan mengeluhkan bahwa matanya bengkak sebelah tanpa sebab namun tidak ada gatal tapi jika di pegang sakit. Dokter berkata kalau dari gejalanya bisa jadi bintilan, ini seperti jerawat di sekitar kelopak mata dan mengganggu penglihatan.
Cara mengobatinya bisa dengan mengompres hangat dan di beri antibiotik lokal. Namun jika Anda tidak keberatan di sarankan untuk periksakan diri kedokter apa bila mata makin lama makin sakit dan bengkak semakin membesar.

Demikian di atas solusi atau cara mengobati mata bengkak sebelah. Nah untuk mengobati mata bengkak jenis lainnya silahkan lihat di bawah ini.

Mengobati mata bengkak akibat gigitan serangga

Berikut adalah beberapa tips ampuh dalam mengatasi atau mengobati mata bengkak akibat gigitan serangga. Silahkan disimak.

1. Menggunakan cuka apel
Rendam daerah gigitan dengan sari cuka apel selama beberapa menit. Atau, gunakan kapas yang dicelupkan ke dalam cuka apel, lalu tempelkan kapas pada daerah sengatan.

2. Gunakan aspirin
Haluskan satu atau dua tablet aspirin di piring kecil. Tambahkan air secukupnya, lalu aduk hingga menyerupai pasta. Lalu, oleskan ramuan di lokasi kulit yang tersengat serangga. Dijamin kemerahan atau bengkak dikulit akan berkurang, karena aspirin membantu menetralkan racun.

3. Pakai es batu
Tempelkan kantung berisi es itu pada bekas gigitan. Es bisa membantu memperlambat pembengkakan. Anda juga bisa menggunakan handuk kecil yang diisi es batu, lalu tempelkan pada bekas gigitan selama 20 menit.

4. Manfaatkan pepaya
jika kebetulan memiliki pepaya, cukup gunakan pepaya iris untuk ditempelkan pada kulit yang tersengat serangga selama kurang lebih satu jam.

5. Gunakan baking soda
Caranya, campurlah sedikit soda kue dengan body lotion, kemudian oleskan pada daerah sensitif. Atau, Anda dapat mencampurkan satu sendok teh dengan soda kue dalam segelas air, biarkan larut. Kemudian, celupkan kain atau kapas pada larutan, dan tempelkan pada kulit selama 20 menit.

6. Pakai bawang putih
Cara penggunaanya, gerus satu siung bawang putih, lalu aplikasikan pada daerah bekas disengat. Bawang putih mengandung enzim yang mampu memecah inflamasi senyawa, sehingga bisa meredakan bekas gigitan serangga.

Nah, buat yang mengalami mata bengkak karena di gigit serangga, silahkan menerapkan cara di atas. Tetapi buat yang mengalami mata bengkak dan berair, silahkan ikuti tips di bawah ini

Cara mengobati mata bengkak dan berair dengan mudah

Kompreslah dengan air dingin atau air es
Cara mengobati mata bengkak dan berarir dengan mudah dan murah adalah dengan mengompres mata memakai air dingin. Anda hanya perlu menyiapkan handuk kecil yang lembut dan bersih dan air dingin bersih. Obati mata merah dan juga membengkak dengan menyeka mata atau mengompres mata Anda dengan memakai air dingin yang sudah Anda siapkan.
Diamkan handuk yang telah direndam di dalam air dingin dan sudah diperas sebelumnya di atas permukaan mata selama 2 menit. Secara alami dan bertahap, air dingin akan membantu mengobati mata bengkak yang memerah serta berair
Pakailah obat tetes mata atau bisa juga irisan mentimun
Cara mengobati mata merah bengkak dan berair secara alami dan efektif adalah dengan memakai obat tetes mata yang berkualitas baik dan tidak kadaluwarsa. Di dalam kotak obat biasanya tersedia obat tetes mata yang berfungsi untuk mengatasi mata merah atau sakit mata, cukup teteskan beberapa tetes pada mata merah dan pastikan jika air tetes mata masuk dengan baik ke dalam mata tidak menyebar keluar.
Obat tetes mata mengandung formula yang mampu menyembuhkan mata merah dengan cukup baik. Selain memakai obat tetes mata yang bagus, Anda juga bisa memakai irisan mentimun untuk mengobati mata merah. Cukup iris mentimun segar yang telah dicuci bersih dan letakkan di atas permukaan mata yang tertutup, diamkan selama beberapa saat agar kandungan material alami dari mentimun masuk secara maksimal ke dalam mata dan mata merah dan membengkak sembuh.
Obati mata bengkak dan berair dengan memakai kantong teh
Seduhlah kantong teh dengan air panas, minum seduhan air teh tanpa gula lalu gunakan kantong tehnya untuk mengompres mata dan diamakan setelahnya di atas permukaan mata selama beberapa menit sehingga kandungan ekstrak alami dari teh hijau bisa meresap dengan baik ke dalam mata.
Gunakan  kentang
Kentang juga bisa digunakan untuk mengatasi mata bengkak. Caranya, kupas kentang dan cuci bersih, dan biarkan mongering. Setelah itu parut kentang. Parutan kentang lalu dibungkus dengan menggunakan kain kemudian kompreskan pada mata.
Gunakan krim anti radang
Apabila dengan menerapkan cara alami belum membuahkan hasil, maka solusi berikutnya yang wajib dicoba adalah dengan menggunakan krim anti peradangan atau krim yang mengandung kafein. Krim ini akan membnatu mengecilkan pembuluh darah di bawah mata sehingga mengurangi pembengkakan. Oleskan krim tersebut di kulit bawah mata.
Hindari garam
Jangan  konsumsi makanan yang mengandung garam terlalu tinggi. Karena makanan tinggi garam mengandung natrium yang menyebabkan peningkatan retensi air yang menyebabkan mata lebih bengkak.
Namun garam dapat digunakan untuk mengurangi bengkak dengan menggunakannya sebagai pengobatan dari luar. Caranya campur setengah sendok garam dengan seperempat liter air. Kemudian celupakan kapas ke dalam larutan garam dan komprekan pada mata.

Cara mudah mengobati mata bengkak akibat alergi


Pertama-tama yang mesti Anda lakukan adalah menghindari penyebabnya. Untuk membantu mengempeskan kelopak mata, gunakan kain dan air dingin. Caranya dengan mengompres mata menggunakan kain yang basah tersebut. Kegiatan ini dapat meringankan rasa gatal dan juga pembengkakan secara bertahap

Jika ingin memakai obat, gunakan obat golongan antihistamin seperti diphenhydramine, contohnya benadryl. Diphenhydramine dapat dipakai untuk membantu meringankan gejala-gejala alergi yang konteksnya sama di sini. Tetapi fungsi yang ditawarkan hanya untuk mengurangi rasa gatal, bukan mengempeskan.

Alergi merupakan penyebab mata bengkak paling umum dialami banyak orang. Sejumlah alergi bisa dikatakan serius bilamana dampak yang ditimbulkan cukup riskan.tetapi biasanya, para penderita mengalami pembengkakan akibat alergi ringan seperti reaksi negatif terhadap debu atau kosmetik dan bahkan serbuk sari.
Adapula reaksi alergi yang disebabkan oleh gigitan serangga sehingga mengakibatkan kelopak mata menjadi bengkak (digigit di area sekitaran mata). Atau pada beberapa orang juga ada yang mengalami alergi terhadap bulu binatang. Bentuk reaksi lain yang ternyata juga memicu terjadinya mata bengkak adalah cairan lensa kontak yang Anda gunakan.

Cara mengobati mata bengkak akibat trauma


Pertama-tama kompreslah mata dengan kain bersih yang telah dicelupkan air selama 10 menit sehari minimal 4 kali.

Cara kedua, gunakan bantal lebih banyak agar tinggi, serta posisi tidur terbaik yang tidak menyebabkan mata sakit, ketika mata mengelami cedera yang menyebabkan pembengkakan

Mengobati mata bengkak karena bintitan


Dalam waktu satu hingga tiga minggu bintitan akan sembuh dengan sendirinya. Proses penyembuhan dimulai ketika bintil pada mata pecah dan mengeluarkan nanah.
Perlu di ingat, bintil di kelopak mata tersebut sama seperti jerawat. Jadi, jangan dipaksa keluar nanahnya, biarkan berproses dengan sendirinya. Jangan pernah dipencet atau dipecahkan sendiri.

Jagalah kebersihan mata dan hindari pemakaian make-up. Kompres dengan air hangat sehari 2 – 6 kali untuk mengurangi sakit yang ditimbulkan akibat deposit nanah.. Jangan gunakan soft-lens selama bintitan belum sembuh. Konsumsilah obat analgesik atau obat pereda nyeri bila perlu.

Bintitan merupakan kondisi tumbulnya sebuah bintil menyerupai jerawat kecil pada tepi kelopak mata, bisa di bagian luar ataupun dalam, namun yang terdapat pada tepi dalam kelopak mata akan terasa lebih sakit daripada di luar. Kondisi mata seperti ini tidak memberi dampak buruk pada penglihatan penderita.
Penyebab utama mata bengkak (karena bintitan) ini adalah bakteri stafilokokus. Bakteri tersebut menumpang hidup di bagian kulit manusia tanpa memberi efek buruk seperti penyakit. Tetapi bintitan yang terjadi lebih di sebabkan oleh kecerobohan penderita, semisal sering menyentuh mata dengan tangan yang kotor.

Cara mencegah terjadinya mata bengkak karena bintitan


Jagalah kebersihan mata dengan tidak menggosok mata. Apabila ingin menyentuh mata, cuci tangan terlebih dahulu.

Gunakan pelindung mata ketika Anda membersihkan rumah. Tindakan ini dapat mencegah masuknya debu ke dalam mata yang pada akhirnya menimbulkan reaksi alergi.

Bila Anda pemakai lensa kontak, senantiasa sterilkan lensa dan tangan Anda sebelum melakukan proses pemasangan.

Hindarilah pemakaian kosmetik yang melewati batas pakai, bersihkan wajah terutama mata sebelum tidur, dan buang kosmetik yang pernah membuat mata Anda bintitan.

Cara mudah mengobati mata bengkak akibat menangis


  1. Gunakan obat tetes mata untuk mengatasi kemerahan dan mengurangi peradangan pada pembuluh darah di mata.
  2. Kompreslah  mata  Anda dengan kain bersih yang telah direndam ke dalam air dingin –atau balut langsung es batu dan tempelkan pada mata. Lakukan selama beberapa menit.
  3. Manfaatkan mentimun untuk mengurangi sembab kelopak mata. Langkahnya sama seperti menghilangkan mata panda, yakni mengiris timun dan menempelkan pada kedua mata sembari Anda tidur telentang.
  4. Konsumsi banyak air untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Cara ini cukup efektif untuk mengalirkan penumpukan cairan di bawah mata, sehingga mata tidak terlihat bengkak.
  5. Hindari konsumsi makanan bernatrium tinggi. Karena memicu peningkatan retensi air yang membuat mata menjadi lebih bengkak.
  6. Bila kelima langkah sebelumnya tidak berhasil, serahkan masalah pada krim anti-peradangan atau krim yang mengandung kafein untuk membantu mengecilkan pembuluh darah di bawah mata. Oleskan krim dengan jari manis pada kelopak mata bagian bawah.

Cara mengobati mata bengkak karena kurang tidur


  1. Iris timun bulat pipih, tempelkan pada mata selama beberapa menit dengan posisi tubuh berbaring dan kepala lebih tinggi dari badan.
  2. Tempelkan es batu pada mata jika Anda kuat dingin. Jika tidak, gunakan pelapis kain bersih, caranya dengan dibalut.

Mata bengkak karena kurang tidur dijuluki mata panda. Di namakan seperti itu karena mata terlihat seperti mata panda, dimana terdapat kantung dibagian bawah mata.
Nah, itu dia diatas beberapa cara alami mengatasi mata bengkak. Entah itu mata bengkak karena kurang tidur, mata benkak karena alergi, mata bengkak sebelah, maupun mata bengkak karena gigitan serangga. Semoga bermanfaat


Back To Top